Jakarta –

KTM mengawali musim MotoGP 2020 dengan performa yang cukup impresif. Dari lima seri awal yang digelar, pabrikan asal Austria tersebut berhasil memenangkan 2 seri. Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder memenangkan MotoGP Ceko, sementara pembalap Red Bull KTM Tech 3 Miguel Oliveira baru-baru ini memenangkan MotoGP Styria dan pembalap Red Bull KTM Factory Racing Pol Espargaro memenangkan podium 3.

Namun di tengah euforia atas hasil yang impresif tersebut, KTM pun harus menerima akibat buruknya. KTM tidak lagi mendapatkan hak istimewa di MotoGP.

Mengutip dari situs resmi MotoGP, KTM akan kehilangan konsesi di ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut. Kemenangan Oliveira membuat KTM melampaui enam poin konsesi yang dibutuhkan dalam rentang waktu dua tahun untuk kehilangan sebagian hak istimewanya.

Hak istimewa KTM apa yang akan saya hilangkan?

Pertama, KTM akan kehilangan hak untuk hari pengujian tanpa batas. Artinya, keempat pebalap mereka di MotoGP tidak akan bisa melakukan tes kapan pun mereka mau. Sama seperti tim non-konsesi, KTM hanya akan mendapat kesempatan untuk tes pada hari tes resmi.

Selain itu, pebalap uji KTM Dani Pedrosa tidak akan bisa melakukan tes di sirkuit GP mana pun musim depan. Kemudian KTM pun harus memilih tiga tempat untuk uji coba pembalap.

Dari sektor teknis, alokasi mesin KTM yang semula sembilan, akan menjadi tujuh mesin pada 2021. KTM juga hanya diperbolehkan memiliki tiga wildcard pada 2021, bukan enam seperti saat ini.

Meski akan kehilangan keistimewaannya, sepertinya KTM tidak akan mengganggu. Pasalnya, pabrikan yang identik dengan warna oranye ini mendapatkan hasil yang sepadan, yakni berupa kesempatan merebut gelar juara umum MotoGP 2020.

Asal tahu saja, dari kategori konstruktor, KTM saat ini berada di posisi ketiga dan hanya tertinggal enam poin dari pemimpin klasemen Yamaha dan lima poin dari peringkat kedua, Ducati.

Sedangkan dari kategori tim, Red Bull KTM Factory Racing duduk di posisi keempat dengan 84 poin dan Red Bull KTM Tech 3 di posisi ketujuh dengan 56 poin.

Dalam jumpa pers pasca MotoGP Styria, Oliveira mengaku tak peduli dengan konsekuensi kehilangan konsesi KTM di MotoGP. "Hanya ada satu hal yang penting dan itu adalah melihat KTM oranye di parc ferme pada hari Minggu. Apa pun keuntungan yang kami miliki di masa lalu sekarang terbayar. Jadi saya pikir sudah waktunya bagi kami untuk membandingkan diri kami dengan merek terbaik di sini dan memiliki aturannya sama, ”jelasnya seperti dikutip dari situs MotoGP.

"Saya pikir KTM menunjukkan bahwa apapun yang mereka lakukan tidak akan kalah dan saya pikir itu adalah hal yang luar biasa yang telah mereka raih di MotoGP dalam waktu yang begitu singkat, jadi mereka harus senang tentang itu," kata pebalap Portugal itu.

Tonton video "Mulai dari posisi 14, Rossi finis kesembilan di MotoGP Styria"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)