Yokohama – Bos dari aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, Carlos Ghosn, terlibat dalam skandal keuangan. Ghosn ditangkap karena memalsukan laporan pendapatan.

Nissan Motor Co kemarin resmi memecat Ghosn. Ghosn ditangkap setelah investigasi internal Nissan ke dalam perilaku Ghosn selama bertahun-tahun dan para eksekutif lainnya. Ghosn dituduh melakukan pelanggaran signifikan, termasuk kurangnya pelaporan tentang pembayaran paket kompensasi dan penggunaan aset perusahaan untuk penggunaan pribadi.

Asahi Shimbun melaporkan, jaksa telah memperoleh e-mail yang ditulis oleh komplotannya di Nissan Motor Co. yang memberi perintah untuk memalsukan gaji yang dilaporkan oleh Ghosn. Ini dibocorkan oleh sumber anonim.

Sumber itu mengatakan, para pejabat Nissan telah menyerahkan bukti email kepada penyidik. Email itu berisi bagian dari perjanjian tawar-menawar.

Menurut sumber, kaki tangan Ghosn, Greg Kelly, mengirim e-mail ke pejabat tinggi lainnya, termasuk seorang pejabat perusahaan asing yang terlibat langsung dalam menangani laporan palsu tentang pembayaran gaji selama lima tahun.

Dalam email Kelly, dinyatakan bahwa perintah untuk memalsukan laporan harus dianggap sebagai instruksi dari ketua. Total pendapatan Ghosn dalam laporan itu hanya 4,987 miliar yen, meskipun para penyelidik mengatakan ia benar-benar membayar 9,998 miliar yen. Dia dan Kelly diduga melanggar Instrumen Keuangan dan Pertukaran Hukum. (rgr / ddn)