Tidak terlalu dingin di luar sana, tetapi diyakini musim dingin di depan kami, yang merupakan kabar buruk bagi pemilik cabriolet dengan jendela belakang plastik.

Cuaca dingin yang membeku cenderung membuat jendela plastik sangat rapuh dan lebih rentan terhadap kerusakan – ini tercermin dalam jumlah pelanggan yang kami dapatkan di bulan Desember & Januari.

Ini adalah salah satu hal yang paling menjengkelkan ketika Anda menyadari bahwa kap Anda yang tampak sempurna memiliki lubang di jendela belakang plastik! Kapnya terlihat bagus, kecuali lubang / robek / robek di jendela. Tampaknya malu untuk mengganti seluruh tudung jika hanya jendela yang perlu diganti. Untungnya sering kali hanya mengganti jendela belakang, bukan seluruh tudung!

Setiap desain mobil memiliki kap jenis yang berbeda, kadang-kadang bahkan ada pilihan kerudung dengan daftar seluruh jenis jendela belakang. The Mazda MX5 misalnya datang dalam pilihan bahan – vinil atau kain – dan pilihan jendela – plastik, kaca dipanaskan, plastik zip, plastik non-zip, kaca dipanaskan zip, kaca dipanaskan non-zip dan beberapa variasi lainnya.

9 dari 10 kali jendela belakang plastik dapat diganti, beberapa lebih mudah daripada yang lain. Misalnya BMW E30, BMW E36 dan BMW Z3 sebagian besar dilengkapi dengan ritsleting di kanan jendela. Ini berarti bahwa satu-satunya biaya tenaga kerja yang terlibat adalah unzipping yang lama dan zipping di jendela belakang baru – pekerjaan 45 menit. Anda harus memastikan bahwa itu adalah jendela OEM sehingga Anda dapat yakin bahwa itu cocok dengan benar.

Namun Mercedes 129 tidak sesederhana itu. Jendela dijahit ke kap yang sebenarnya, karenanya seluruh tudung harus dilepas agar jahitannya tidak dijahit dan jendela baru dijahit ulang. Ada banyak pekerjaan yang terlibat di sini, jadi harga untuk mengganti jendela ini bisa sangat tinggi, tetapi ini masih pilihan yang lebih murah daripada mendapatkan kap baru.

Mazda MX5 juga memiliki ritsleting, tetapi hanya di bagian atas tudung dan tidak membentuk bagian dari rakitan jendela. Jendela dijahit ke tudung. Ini berarti bahwa seperti kap Mercedes, tudung harus benar-benar dilepaskan, jahitan tidak dijahit, dan jendela diganti.

Peugeot 306 memiliki cara yang sangat menarik untuk melampirkan jendela ke kap mesin – itu dileburkan pada tempatnya menggunakan elektroda. Ada kabel yang berputar di sepanjang tepi jendela di mana arus dilewatkan yang pada gilirannya memanaskannya dan mengikatnya ke tudung. Kami menduga hanya garasi Peugeot yang dapat mengikat jendela dengan cara ini.

Masih mungkin bagi kita untuk mengganti jendela, tetapi tidak menggunakan metode elektroda. Apa yang akan kita lakukan adalah menghapus jendela lama, dan menggantinya dengan menjahit yang baru di tempatnya. Satu-satunya perbedaan di sini adalah bahwa jahitannya terlihat.

Beberapa tudung memiliki jendela belakang berikat, yang berarti bahwa jendela terikat ke kap menggunakan panas. Tukang las tekan khusus melakukan ini dan mengikat dan menekan plastik cair yang dipanaskan ke dalam material hooding. ETC memiliki alat seperti itu, yang memungkinkan kita untuk mengikat jendela ke dalam kap mesin. Seluruh tudung perlu dilepas untuk melakukan hal ini agar jendela lama dapat dilepas, dan jendela baru dapat dipasang di tempatnya.

Suatu hari kami memiliki MGB tua yang datang dengan lubang kecil di jendela plastik belakang. Pemilik ingin kami mengganti bagian yang rusak saja tetapi sayangnya tudung khusus ini memiliki jendela belakang yang menutupi jendela belakang dan jendela samping. Kami menyarankan pelanggan potensial kami untuk membeli tudung baru, karena biaya tenaga kerja untuk melepas semua bagian akan lebih mahal daripada membeli hood MG vinil merek baru.