Jakarta –

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengeluarkan peraturan yang melarang mudik lokal, yang akan mencegah perpindahan penduduk keluar-masuk Jakarta.

Peraturan tersebut diatur dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 47 tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Perjalanan di dan / atau Memasuki Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dalam Upaya Mencegah Penyebaran COVID-19. Lalu kapan aturan ini berlaku?

Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Nasional, Komisaris Polisi Benyamin, menjelaskan bahwa pihaknya masih berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai penerbitan Peraturan Gubernur.

"Penerbitan Peraturan Gubernur yang baru pada hari Jumat, 15 Mei 2020, masih ada pertemuan penyesuaian antara Ditlantas Polda Metro dan Departemen Perhubungan Jakarta pada Senin (18/5/2020)," kata Benyamin, dikutip oleh NTMC Polri .

Benyamin melanjutkan, selama koordinasi belum selesai, pihaknya masih mengundang warga DKI Jakarta yang ingin melakukan mudik lokal ke daerah Bodetabek dan sebaliknya.

"Saya sudah membaca peraturan sambil menunggu persamaan persepsi antara Polda Metro Jaya dan DKI, itu masih akan dilaksanakan sesuai dengan PSBB," jelasnya.

"Yang tidak diizinkan adalah Jabodetabek yang keluar atau dari luar Jabodetabek masuk. Kalau dari Jakarta ke Bogor itu bisa," lanjutnya.

Benyamin mengatakan, saat ini di wilayah Jabodetabek sudah menerapkan PSBB karena pandemi virus Corona. Karena itu, setiap komunitas yang ingin berteman dengan kerabat harus mengikuti aturan sesuai dengan PSBB di masing-masing wilayah.

"Kami pada prinsipnya adalah PSBB, jadi di lingkungan PSBB kami tidak melarangnya kecuali jika keluar (misalnya) ke Cianjur (yang tidak diizinkan)," katanya.

Aturan mengenai mudik lokal masih menjadi pertanyaan banyak orang, karena Anies mendesak warganya untuk tidak meninggalkan wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek), tetapi tidak ada larangan untuk meninggalkan Jabodetabek di Gubernur & # 39; Kantor.

Dalam Bab III Gubernur DKI Jakarta Nomor 47 Tahun 2020: & # 39; Batasan Kegiatan Perjalanan & # 39; larangan bepergian untuk meninggalkan Provinsi DKI Jakarta dijelaskan, bukan larangan meninggalkan Jabodetabek.

Tonton Video "Pemerintah Provinsi DKI telah mendistribusikan 4 Juta Masker ke 47 Kelurahan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / riar)