Jakarta –

Selama pandemi, sepeda motor adalah kendaraan transportasi yang populer. Karena selain lebih personal, motor ini juga sering dipilih karena dianggap lebih aman untuk menghindari penularan virus Corona. Apalagi sejak 3 Agustus 2020 ganjil bahkan di Jakarta sudah diterapkan kembali.

Meskipun demikian pengendara sepeda motor harus lebih berhati-hati, karena berkat pandemi virus Corona itu juga membuat pengendara sepeda motor semakin baru alias pemula atau orang baru mampu mengendarai sepeda motor sembrono mengemudi. Karena alasan ini, kewaspadaan saat berkendara harus dilanjutkan dan lebih peka untuk mengetahui karakteristik pengendara sepeda motor baru.

Sebagaimana dinyatakan oleh Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Lucky, di acara NGOVID FORWOT bersama Astra Honda Motor, yang mengusung tema, Hati-Hati, Pengendara Motor di era Adaptasi Kebiasaan Baru & # 39 ;.

"Untuk pengguna sepeda motor saat bertemu pengendara baru atau Newbie, lebih baik menyerah, daripada kecelakaan. Karena memang saat ini banyak pengendara motor baru," kata Lucky.

Pada kesempatan yang sama, Lucky menjelaskan bagaimana cara mengantisipasi ketika bertemu dengan pengendara sepeda motor pemula dan bagaimana mengkarakterisasi pengendara sepeda motor pemula atau pengendara motor berpengalaman.

"Bagaimana kita mengantisipasi pengendara baru? Pertama, pastikan kita selalu memiliki jarak sesuai dengan kondisi seberapa cepat kita mengemudi. Ini berarti kita memiliki ruang untuk mengantisipasi jika sesuatu terjadi, jarak menyesuaikan kecepatan kita. Semakin cepat kita melangkah semakin jauh kami dengan sopir, "kata Lucky.

"Untuk dapat mengkarakterisasi pengendara sepeda motor sebagai pemula atau tidak, biasanya pengendara pemula akan berkendara dengan kecepatan rendah di jalur tengah. Karakteristik berikutnya adalah penggunaan sinyal belok atau saat menggunakan perangkat yang ada seperti tanduk. Penggunaan lampu sinyal belok adalah biasanya tidak sesuai dengan tanda yang diberikan, maka Pemula biasanya lebih sering menggunakan klakson, ini yang harus kita waspadai. Begitu juga ketika mereka bertemu jalan yang kosong, biasanya mereka akan mengemudi dengan lambat, jadi kita harus mengantisipasinya, "tambah Lucky .

Lihat videonya "Scatter Terror, 3 Anggota Geng Motor di Sukabumi Ditangkap!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)