Jakarta – Pemerintah ingin mendorong pengembangan kendaraan listrik. Pemerintah telah menyiapkan pabrik baterai di Morowali, Sulawesi Tengah. Namun ternyata pemerintah juga berpikir untuk membangun pabrik mobil listrik di Karawang, Jawa Barat.

Soal pembangunan pabrik mobil listrik itu disampaikan Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Pandjaitan di Kantor Koordinator Kementerian Kelautan, Kamis (12/6/2018).

Menurut Luhut, produksi baterai Lithium di Morowali dapat menggantikan yang digunakan untuk motor listrik Gesits. Menurutnya, baterai Lithium bisa lebih murah daripada yang sudah ada di Gesits dan bahkan mobil konvensional.

"Baterai berasal dari Morowali. Kami memiliki industri mobil listrik, jadi itu tidak tergantung pada mobil konvensional. Kemudian baterai Lithium di Morowali akan selesai dalam 1,5 atau 2 tahun, ada Gesits, tetapi baterai masih mahal , "Kata Luhut.

Tak hanya baterai, Luhut juga mengatakan pemerintah juga akan membuat pabrik untuk memproduksi kendaraan listrik. Dia berencana membangun pabrik di Jawa Barat.

"Sementara itu kami berpikir, membuat pabrik mobil listrik. Nanti kami akan membuatnya di Karawang, Jawa Barat," kata Luhut.

Sebelumnya, sepeda motor listrik nasional Garansindo Electric Scooter atau Gesits diperkenalkan November 2018 lalu. Motor ini juga telah diuji oleh Presiden Joko Widodo di Istana. Jokowi mengakui bahwa sepeda motor telah diproduksi dan siap membeli 100 unit sepeda motor Gesits.

(zlf / ddn)