Jakarta – Kasus korupsi yang dilakukan oleh Chairman Nissan Carlos Ghosn tidak mempengaruhi wacana pada peluncuran Nissan MPV terbaru yang memiliki basis dari Mitsubishi Xpander.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Divisi Koordinasi & Pengembangan PT MMKSI Ogi Ikematsu, yang memberi lampu hijau untuk dapat melahirkan rasa Mitsubishi Xpander Livina.

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sendiri secara luas dilaporkan akan meluncurkan penerus Grand Livina dalam waktu dekat.

"Nissan ingin meluncurkan model Livina baru pada Januari," kata seorang sumber dari detikOto di industri otomotif di negara itu, beberapa waktu lalu.

Kepala Komunikasi Produk PT Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani juga membenarkan prediksi tersebut. "Tunggu saja," katanya tanpa menjawab perincian waktu peluncuran.

Sekadar info, kolaborasi Nissan dan Mitsubishi dalam melahirkan mobil Low MPV sudah dipersiapkan sejak Xpander muncul di Indonesia. Nissan akan menggunakan pangkalan Mitsubishi Xpander, sebagai model barunya. Sebagai imbalannya, Nissan akan memasok mesin ke Xpander.

"Benar, itu akan direalisasikan (Nissan MPV base Xpander). Tapi kalau sudah waktunya, saya tidak bisa mengatakan," kata Direktur Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro di Jakarta .

Nissan memang perlu meremajakan model MPV mereka yang rendah, Grand Livina. Dan menggunakan basis mobil yang sudah mulai dikenal seperti Xpander, bisa menjadi pilihan yang baik, karena mereka tidak perlu melakukan penelitian dan pengembangan lagi. Mobil ini disebut oleh wartawan sebagai Nissan Lavender, kombinasi dari Livina dan Xpander. (lua / lth)