Jakarta –

Kopling memiliki peran penting dalam mekanisme penggerak mobil. Tugasnya menjadi penghubung dan pemecah tenaga dari mesin ke sistem transmisi. Oleh karena itu, Anda tidak boleh mengabaikan komponen ini. Kebiasaan mengemudi yang buruk bisa membuat kopling cepat rusak.

Dikutip dari laman Suzuki, kopling memiliki beberapa komponen penting, seperti kabel kopling, pedal kopling, dan kampas kopling. Bagi anda yang belum tau, ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan kopling mobil manual anda cepat putus. Salah satunya menginjak pedal kopling dengan sangat kasar.

Hal pertama yang menyebabkan kopling cepat putus adalah kebiasaan melepas dan menekannya dengan cara yang sangat kasar. Hal ini sangat sering dilakukan oleh pengemudi mobil manual.

Kebiasaan ini umumnya terjadi saat pengemudi melepas pedal kopling, sedangkan transmisi mobil belum bergerak. Alhasil, terdengar suara kasar di kopling. Oleh karena itu, Anda sebagai pengendara harus memperhatikan keselarasan pedal kopling dengan transmisi mobil.

Penyebab kopling mudah rusak kemudian pedal kopling terlalu sering diinjak, atau biasa disebut kebiasaan menggantung kopling atau separuh kopling. Menginjak kopling mobil manual di sepanjang jalan merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan kopling cepat rusak. Hal ini kerap terjadi pada pengemudi yang malas angkat kaki dari pedal kopling saat tidak dibutuhkan lagi.

Akibatnya proses keausan pada bantalan pelepas dan plat kopling mobil cepat rusak. Selain itu, menginjak pedal kopling pada mobil setengah jalan juga dapat merusak kopling. Hal ini dapat menyebabkan komponen di dalam sistem kopling cepat rusak. Biasanya yang pertama terkena. Adalah plat kopling. Yang lebih ekstrim lagi kopling bisa bau hangus ”.

Tonton Video "Mobil Listrik Termurah! Fitur-fiturnya Sangat Memuaskan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)