London – Ratu Elizabeth II diketahui senang mengemudi bahkan hingga usia 93 tahun. Tetapi pada usia itu juga memutuskan untuk tidak mengemudi di jalan umum lagi.

Keputusan ini diambil setelah 2 kasus kecelakaan lalu lintas yang menimpa suaminya, Pangeran Philip awal tahun ini. Meskipun tidak ada konfirmasi langsung dari ratu, Sunday Times melaporkan bahwa Ratu Elizabeth telah mengatakan ini.

Terlepas dari keputusannya, hobinya mengemudi masih bisa disalurkan melalui jalan-jalan pribadi Ratu Elizabeth. Sementara di jalan umum akan diserahkan kepada sopir kepercayaan dari kerajaan yang bertanggung jawab.

Tidak seperti Pangeran Philip yang harus menyerahkan izin mengemudi karena kecelakaan beberapa waktu lalu, Ratu Elizabeth tidak perlu menyerahkan apa pun. Karena dia sendiri adalah satu-satunya orang di Inggris yang dapat mengemudi tanpa SIM.

Di bawah pemerintahan Inggris, Ratu Elizabeth tidak memerlukan SIM karena semua SIM Inggris diberikan oleh ratu sendiri. Selain itu, ia juga memiliki kekuatan penuh dan kebal terhadap semua peraturan dan peraturan lalu lintas yang berlaku di sana.

Ratu Elizabeth sendiri tidak pernah melakukan tes mengemudi, dia hanya belajar sendiri sejak usia 19 tahun. Dia bahkan belajar mengemudi untuk mengenali pengetahuan mekanik mobil menggunakan ambulan selama Perang Dunia II.

Sampai sekarang Ratu Elizabeth selalu ingin mengemudi setiap kali dia memiliki kesempatan. Beberapa koleksi mobil favorit termasuk merek dari Jaguar dan Land Rovers. (rip / ddn)