Jakarta –

Pandemi telah melanda berbagai sektor ekonomi termasuk industri otomotif. Penjualan kendaraan turun drastis sejak virus masuk ke Indonesia pada awal Maret 2020.

Pemerintah juga melaksanakan masa transisi PSBB untuk memulihkan perekonomian dan di bidang otomotif berhasil membuahkan hasil yang positif pada bulan Juni dan Juli. Peningkatan ini tentunya tidak terlepas dari implementasi digital yang diterapkan oleh berbagai merek guna mengikuti normalitas baru.

“Semester I memang melambat dibanding tahun lalu, tentunya karena imbas pandemi, tapi saya melihat perkembangan positif di awal semester kedua tahun ini dimana kita bisa lihat penjualan sudah mulai meningkat, Kinerja ekspor tetap terjaga dengan baik sehingga saya optimistis pemulihan ekonomi di sektor otomotif akan mengarah pada perkembangan yang positif, ”kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada konferensi pers virtual IOOF, Jumat (14/8/2020).

Agung masih melihat potensi pasar otomotif Indonesia yang sangat besar. Bercermin pada rasio kepemilikan kendaraan. Dibanding negara tetangga, rasio kepemilikan kendaraan di Indonesia masih sangat kecil. Namun, total penjualan tahunan dianggap besar jika dibandingkan dengan negara lain.

“Meski rasio kepemilikannya masih sangat rendah, dalam konteks pasar otomotif Indonesia merupakan pasar terbesar di ASEAN. Pada 2019 lebih dari 1 juta dijual di dalam negeri dan 300 ribu diekspor ke seluruh dunia,” kata Agus.

Keyakinan Kementerian Perindustrian terhadap industri otomotif untuk maju saat ini melalui digital tidak lepas dari perkembangan e-commerce di Indonesia. Nilai pasar online kini menyentuh angka USD 40 miliar pada 2019.

Dunia online memang bukan dunia yang asing bagi masyarakat Indonesia. Apalagi potensi pasarnya sangat besar. Pasar online Indonesia bernilai lebih dari 3 kali lipat dari Malaysia. Di tahun 2019 digital Indonesia Perekonomian sudah mencapai US $ 40 miliar. Tahun 2025 diperkirakan mencapai US $ 130 miliar, ”pungkasnya. .

Tonton Video "Tampilan dan Fitur Baru pada Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)