Desainer mobil Datsun meninggal pada usia 86 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO – Di balik kesuksesan sebuah merek, ada peran signifikan seorang desainer. Desainer telah berkontribusi dalam mewujudkan konsep kendaraan yang mampu menjadi kendaraan yang menggabungkan aspek aerodinamis, fungsional, dan estetika.

Dilansir dari Car and Driver, Sabtu (18/7), untuk Datsun, salah satu desainer paling berjasa adalah desainer bernama Yoshihiko Matsuo. Mengingat, perancang adalah sosok di balik kesuksesan produk Datsun 240 Z.

Namun, saat ini Datsun sedang berduka karena Yoshihiko Matsuo telah meninggal pada 11 Juli lalu. Pria itu meninggal pada usia 86 tahun dan meninggalkan warisan desain mobil paling ikonik untuk merek yang menjadi bagian dari Nissan.

Senior Vice President Nissan Global Design, Alfonso Albaisa mengatakan, Nissan benar-benar merasa bingung pada kepergian Yoshihiko Matsu. "Dia adalah sosok desainer dan influencer bagi kita. Dia sangat berjasa melalui Datsun 240 Z dan desain untuk beberapa produk Nissan," kata Alfonso.

Menurutnya, sang desainer kerap terlibat dalam sejumlah line up seri Z. Yoshihiko Matsuo dinilai selalu berhasil mewakili DNA Nissan melalui setiap desain yang dihadirkan.

"Desainnya selalu inovatif dan dibuat dengan penuh semangat. Itu juga secara otomatis membuat produk kami menjadi produk yang dapat memberikan perlawanan di pasar mobil sport," katanya.

Dia juga menekankan, Nissan memiliki ikatan keluarga yang baik untuk setiap karyawannya. Karenanya, meskipun Yoshihiko Matsuo telah pensiun, ia tetap dekat dengan keluarga besar Nissan dan selalu memberikan panduan kepada karyawan Nissan.

Dalam proses produksi Datsun 240 Z, Yoshihiko Matsuo ditantang untuk membawa mobil sport dengan harga murah. Tentu tidak mudah karena setiap elemen desain harus hadir dengan mempertimbangkan aspek-aspek produksi.

Untuk mewujudkan ini, ia juga menghadirkan desain yang berorientasi pada kinerja optimal tetapi dalam proses produksi yang murah. Terbukti, Datsun 240 Z mampu diterima dengan baik oleh pasar karena sejumlah keunggulan baik dari segi desain, kinerja dan harga.