Jakarta – Sebagian besar sepeda motor terbaru di Indonesia kini dilengkapi dengan ban tubeless sebagai komponen standar pabrikan.

Berbeda dengan ban jenis tabung yang memiliki lapisan dalam, ban tubeless tidak memiliki ban dalam. Bukan tanpa alasan pabrikan sepeda motor membekali konsumen dengan ban ini. Karena faktanya ban tubeless memiliki banyak keunggulan dibandingkan ban tipe tube.

Menurut Kepala Dinas Teknis & Pengembangan PT Suryaraya Rubberindo Industries, Jimmy Handoyo, ban tubeless memiliki konstruksi yang kuat.

"Ban tubeless memiliki konstruksi yang lebih kuat daripada ban biasa, jadi jenis ban ini tidak membutuhkan inner tube tambahan karena memiliki lapisan dalam," kata Jimmy.

Karena konstruksinya kuat, ban tubeless tidak mudah kempes meskipun tertusuk oleh paku atau benda tajam lainnya. "Kalau saja paku atau benda tajam itu tidak dihilangkan," lanjut Jimmy.

Ini tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi pengendara motor yang mengendarai sepeda motor dan bannya ditusuk oleh benda tajam, tetapi jauh dari bengkel. Sepeda motor masih bisa digerakkan untuk memenuhi bengkel terdekat.

Tidak hanya anti-kempes, ban tubeless juga relatif mudah untuk diperbaiki karena proses penambalan dapat dilakukan dari luar dinding ban. (lua / rgr)