Jakarta –

Bramedi Putra menceritakan pengalamannya berhasil lolos dari cedera serius akibat sundulan dari Sport Utility Vehicle, Selasa (15/9) sore kemarin. Pada saat kejadian, dia menggunakan Volvo 960 GL AT pada tahun 1997.

Ia mengaku bersyukur berada di mobil tangguh meski usianya sudah di atas 20 tahun. Bramedi menuturkan salah satu faktor yang membuatnya aman dari risiko cedera, yakni fitur keselamatan SIPS alias Side Impact Protection System yang terdapat pada mobil tua besutan Volvo 960 tersebut.

Seberapa canggih fitur SIPS pada mobil Volvo 960 lawas?

“Mobil saya melintir dua kali, saya berbalik, diam, saya nyalakan, saya putar balik mobil saya,” katanya.

"Karena di Volvo sendiri keselamatannya, ya, di seri 960 saya tahun 1997, seluruh bodi memiliki sistem perlindungan benturan samping, jadi sepertinya tulangan bajanya lebih kuat."

"Saya sebelumnya juga merasakan ke dalam bahwa sabuk pengaman saya juga bagian dari sistem SIPS dan masih berfungsi, jadi saya sempat menariknya dengan sabuk pengaman," ujarnya saat dihubungi detikOto, Selasa (15/9).

Dikutip dari situs resmi Volvo, SIPS dibangun dari struktur unik di dalam pintu. Ini membantu mengurangi risiko cedera serius pada penumpang akibat tabrakan terutama dari samping.

SIPS terdiri dari struktur bodi, – besi yang dibentuk melintang secara diagonal menyerupai sarang lebah – dengan sejumlah fitur yang saling berinteraksi, yang kesemuanya membantu mendistribusikan gaya tabrakan ke sebagian besar bodi mobil untuk meminimalkan tekanan pada penumpang. Teknologi ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991, termasuk di Volvo 960.

Teknologi ini kemudian berkembang menjadi fitur WHIPS pada mobil Volvo terbaru, seperti Volvo S80.

Beberapa waktu lalu, pemilik akun Facebook Zefa Art membagikan pengalamannya saat berhasil lolos dari cedera serius akibat tabrakan truk. Zefa adalah salah satu korban kecelakaan truk kontainer di rest area KM 97, jalur B tol Cipularang (17/1/2020), mobilnya memiliki fitur keselamatan WHIPS alias Whiplash Protection System terbenam.

Diluncurkan dari halaman Mobil Volvo, fitur WHIPS memberikan perlindungan terhadap potensi cedera parah pada urat leher akibat sentakan kepala. Sistem ini terdiri dari sandaran tabrakan penyerap energi dan sistem penahan kepala yang dirancang khusus di kursi depan.

Saksikan Video "Minibus Terbakar di Tol Cawang Arah Priok"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)