Jakarta – PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) baru saja meluncurkan Kendaraan Komersial Ringan (LCV) pertama mereka di Indonesia, Formo. Dengan model, mesin 1.200 cc dibagi menjadi tiga jenis. 7 seater minibus, minibus 8 seater, dan van buta.

Model blind van dengan harga Rp. 135,8 juta. Dan untuk 7 kursi, Formo minibus harganya Rp. 136,8 juta. Sekarang yang menarik untuk bemo Formo 8 kursi lebih murah daripada 7 tempat duduk. Harga minibus Formo 8 tempat duduk adalah Rp. 135,8 juta. Sama dengan harga van buta.

Formo 8 seater Foto Minibus Wuling: Lutfi Anshori
Dengan jumlah kursi lebih dari 7 kursi Formo minibus, lalu apa alasan Wuling Motors untuk membeli Formo minibus 8 kursi dengan harga lebih murah Rp 1 juta? Wuling Formo 7 seater Foto: Lutfi Anshori

Brand Manager Wuling Motors Dian Asmahani menjelaskan, ini adalah bagian dari strategi pemasaran.

"Ada sejumlah hal yang telah menjadi strategi. Pada intinya, dengan harga seperti itu, kami tidak dapat menjelaskan perbedaan materi secara rinci. Tetapi ada perbedaan dalam 7 kursi dan 8 kursi. Perbedaannya ada pada materi. Tidak ada yang visual, "jelas Dian.

Dian menambahkan bahwa fokus Wuling Motors sebenarnya di Formo 8 seater. "Sebenarnya, fokus kami juga pada 8 kursi dibandingkan 7 penumpang. Dan sudah ada beberapa permintaan dari pasar armada," pungkas Dian.

Secara informal, Wuling Formo dilengkapi dengan mesin konfigurasi 1.200 cc 4-silinder. Sistem transmisi manual 5-percepatan, dikombinasikan dengan penggerak roda belakang.

Mesin Formo Wuling Foto: Lutfi Anshori

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum mencapai 77 hp pada 5.600 rpm dan torsi puncak 110 Nm di kisaran 3.600-4.600 rpm.

Sedang dalam dimensi, Wuling Formo memiliki detail P x L x T, 4,493 x 1,691 x 1,715, dengan jarak sumbu roda 2,270 mm dan radius putar 5,400 mm. Sementara untuk kapasitas bahan bakar, bisa dijejali 42 liter bensin.

Dari segi fitur, Wuling Formo juga dilengkapi dengan Electric Power Steering (EPS), cluster MID meter, dan dilengkapi dengan suspensi McPherson Strut Coil Spring di depan dan Coil Spring Semi Independent Suspension di bagian belakang.

Wuling Formo minibus Foto: Lutfi Anshori

Untuk perbedaan antara versi minibus dan van buta, ada kursi dan detail eksterior. Versi van buta hanya menggunakan dua kursi, dan memiliki jendela penumpang gelap seperti kendaraan komersial pada umumnya.

Blind van version Foto: Lutfi Anshori

Sementara untuk Formo minibus, ada pilihan kursi dengan konfigurasi 7 atau 8 kursi yang dilengkapi dengan sabuk pengaman. Sayangnya, tidak ada sandaran kepala di kursi penumpang atau airbag jok depan.

Juga Tonton Video Wuling Formo

[Gambas:Video 20detik]

(lua / ddn)