Can-bus adalah singkatan dari area network controller dan merupakan jaringan komunikasi khusus yang memungkinkan perangkat di dalam kendaraan untuk berkomunikasi dengan komputer mobil atau ECU. Dengan sistem yang rumit ini, pengemudi akan diberitahu tentang setiap bagian dari kendaraan yang tidak beroperasi dalam batasan pabrik seperti lampu yang tidak berfungsi, tekanan ban yang rendah, bagian-bagian yang tidak berfungsi dengan benar, dan banyak lagi. Banyak kendaraan Eropa modern seperti Audi, BMW, Porsche, Mercedes-Benz, dan banyak lagi adalah kandidat paling umum untuk sistem bis; meskipun beberapa mobil Amerika yang lebih baru mulai mengembangkan teknologi ini juga. Dengan lampu LED aftermarket, kendaraan dengan sistem can-bus tidak dioptimalkan untuk lampu-lampu ini sehingga lampu khusus bisa-bus atau "bebas kesalahan" diciptakan untuk memecahkan masalah ini. Lampu LED Can-bus memecahkan masalah dengan menggunakan tiga cara umum: Meningkatkan watt menggunakan resistor built-in, menggunakan diode LED watt yang lebih tinggi, atau meningkatkan watt menggunakan sirkuit komputer dalam LED yang membuat bohlam non-polar dan memiliki konstanta dan sumber daya yang stabil. Meskipun tidak ada perbaikan mutlak untuk setiap kendaraan dan pesan kesalahan, ada beberapa cara inovatif untuk menyelesaikannya.

Cara paling umum untuk memperbaiki pesan kesalahan bus-bus adalah menaikkan daya watt LED dengan menggunakan resistor. Dengan resistor di tempat, arus diperlambat pada titik-titik tertentu dari sirkuit yang menciptakan lebih banyak beban pada sistem cahaya yang meniru penarikan lampu pijar pabrik dan karena itu mencegah pesan kesalahan dari muncul. Ini juga cara metode yang paling murah dari ketiganya, tetapi memang ada kemunduran: masalah panas. Karena resistor memperlambat sirkuit, resistor juga menciptakan lebih banyak panas yang merupakan musuh nomor satu dioda LED. Sementara lampu LED berkualitas lebih tinggi dengan resistor built-in tersedia, masalah panas masih mengganggu mereka.

Lampu LED Can-bus juga dapat dibuat menggunakan dioda LED watt yang lebih tinggi daripada dioda LED biasa 1210 atau 5050. Dioda LED daya tinggi biasanya memiliki daya tarik lebih banyak karena peningkatan output dan dapat dengan mudah menipu kendaraan tertentu dengan sistem can-bus yang lunak. Lampu-lampu ini lebih terang dari sejumlah LED di luar sana dan risiko overheating tidak sebanyak lampu LED bus-mobil yang memiliki resistor built-in. Sayangnya, karena lampu LED menarik mobil lebih sedikit daya daripada bola lampu filamen konvensional, LED daya tinggi masih belum menciptakan jenis gambar yang sama berkat desain lampu ultra efisiennya.

Yang ketiga dan terakhir yang paling umum dapat-bus lampu LED dalam artikel ini adalah penggunaan chip sirkuit elektronik yang menggunakan komputer (dalam diri mereka sendiri) untuk mengatur imbang watt. Selain mampu mengontrol jumlah resistensi yang dibuat untuk menyesuaikan dengan kebutuhan berbagai sistem, itu juga membuat bohlam LED non-polar (bisa dipasang ke segala arah dan masih menyala) dan menyediakannya dengan konstan dan sumber daya yang stabil. Jenis lampu LED can-bus ini biasanya lebih berhasil mencegah pesan kesalahan muncul daripada dua alternatif lainnya. Namun, karena peningkatan ini, bohlam ini biasanya lebih mahal juga.

Secara keseluruhan, dengan semua cara ini untuk mencegah pesan kesalahan, beberapa dapat berfungsi atau tidak ada yang berfungsi. Sayangnya, karena cara kendaraan tertentu dirancang untuk mengatur sistem cahaya dan parameter apa yang diukur untuk menentukan kesalahan, lampu LED bus dapat tidak berfungsi untuk semua kendaraan. Ketika teknologi menjadi lebih maju, lampu LED can-bus masa depan akan menjadi lebih canggih untuk memungkinkannya kompatibel dengan semua merek dan model. Sampai saat itu tiba, kami memiliki tiga cara umum dalam upaya untuk menyingkirkan pesan kesalahan yang terkait dengan lampu LED dan sistem bis-bis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here