RUPS 2020 akan menampilkan EV termasuk dari Fiat dan Renault.

REPUBLIKA.CO.ID, GENEVA – Bulan depan, Geneva Motor Show (GMS) akan digelar kembali. Pada pameran di Swiss pada 5-15 Maret 2020, diperkirakan akan ada sejumlah produk kendaraan listrik (EV) atau kendaraan listrik yang akan diluncurkan.

Dilansir dari Electrek, Senin (24/2), disebutkan bahwa EV yang akan hadir cukup beragam. Mulai dari mobil kompak atau city car hingga sports utility vehicle (SUV).

Salah satu produk yang diharapkan meluncur di GMS 2020 adalah New Fiat 500e. Kali ini, mobil mungil itu akan datang dengan dashboard baru yang telah dilengkapi dengan layar infotainment yang lebih besar.

Namun, hingga kini, Fiat belum mengonfirmasi spesifikasi teknis mobil tersebut. Diperkirakan, mobil ini hadir menjadi saingan Honda E yang hadir di RUPS tahun lalu.

Chief Fiat, Olivier Francois mengatakan, produk ini dianggap sebagai produk yang tepat untuk memulai karir Fiat di segmen EV. "Dengan produk ini, kami dapat menghadirkan EV dengan harga yang wajar dan kompetitif," kata Olivier Francois.

Masih di kelas yang sama, RUPS 2020 juga akan dimeriahkan oleh Renault Twingo ZE (Zero Emission). Diperkirakan, mobil ini akan dilengkapi dengan motor listrik yang mampu memberikan daya 80 tenaga kuda dengan daya jelajah sekitar 144 kilometer.

Selain itu, peringkat EV juga akan dimeriahkan oleh Skoda Enyaq. Tahun lalu, Skoda memiliki kesempatan untuk memamerkan EV dalam bentuk konsep yang disebut Vision iV. Jika dilihat dari garis desain, Skoda Enyaq adalah versi produksi massal dari mobil konsep.

Desain mobil ini juga cukup unik, seolah menggabungkan SUV dan mobil kompak. Tenaga itu tidak bermain, karena, dengan desain mobil yang agresif didukung oleh motor listrik kembar yang ditenagai oleh 302 tenaga kuda.

Kisarannya juga lumayan. Sebab, varian yang dilengkapi dengan baterai 83 kWh dapat dipacu hingga 490 kilometer. Tapi, sesuai dengan kebutuhan Anda, kemungkinan mobil ini akan ditawarkan dengan tiga pilihan paket baterai.