Surabaya – Sepeda motor besar (moge) BMW K 1600 B telah menjadi salah satu Korps Kepolisian Nasional & # 39; armada patroli. Sepeda motor ini mulai digunakan secara resmi oleh Satuan Polisi Denwal Korps sejak awal 2018.

Karena telah resmi menjadi motor layanan polisi, BMW K 1600 B ini pasti termasuk dalam setiap kegiatan Polisi Lalu Lintas terkait dengan patroli dan pengawalan.

Salah satu kegiatan terbaru yang melibatkan Pemberantasan Korupsi Denwal dengan BMW K 1600 B adalah tur komunitas Ferrari berjudul FOCI Trans Java Tour 2019, pada 1-3 Maret kemarin.

Ada sekitar 4 unit BMW K 1600 B yang digunakan oleh anggota Denwal untuk mengawasi kegiatan tur dengan rute sejauh 700 km melintasi jalan tol Trans Jawa. Salah satu pembalapnya adalah AKP Paurwal Korlantas Djoko Prihantono.

Dia juga membagikan kisahnya setelah meluncurkan sepeda motor bergaya bagger besar ini di Jalan Trans Jawa. "Sepeda motor ini tampaknya sengaja dibuat senyaman mungkin untuk dikendarai polisi. Saat ini, BMW K 1600 B adalah sepeda motor yang paling aman dan nyaman di Kepolisian," kata Djoko, di Surabaya.

Djoko menambahkan, banyak fitur pada BMW K 1600 B yang sangat mendukung perjalanan jauh. "Sudah ada cruise control, cukup tekan saja supaya motor bisa berjalan stabil tanpa gas. Kaca depan juga bisa disesuaikan secara otomatis menggunakan tombol," lanjut Djoko.

Asyiknya lagi, kata Djoko, sepeda motor ini dilengkapi dengan mode pengendaraan yang sangat fungsional di berbagai kondisi jalan dan cuaca.

"Jadi ada nama mode. Kalau jalannya kering, dia pakai jalan. Kalau jalan basah, kita dorong mode hujan. Jadi dia akan gigit aspal jalan," kata Djoko lagi.

"Ketika jalan menjadi basah, sepeda motor didorong melebihi kecepatan yang disarankan, dia akan berteriak sendiri … bahaya … bahaya. Begitu," kata Djoko.

Sekadar informasi, BMW K 1600 B memasuki Indonesia pertama kali pada 2017. Saat itu sepeda motor buatan Jerman ini memiliki harga fantastis Rp. 1 miliar, atau lebih tepatnya Rp. 975 juta.

Mengenai mesinnya, motor pesaing Honda Goldwing menggunakan 1.649 cc 6 silinder, dengan tenaga puncak 160 dk pada 7.750 rpm dan torsi 175 Nm pada 5.250 rpm. Transmisi manual 6 kecepatan dan sudah ada gigi mundur sehingga motor 560 kg mudah digeser.

Motor ini juga memiliki banyak perangkat elektronik canggih, seperti Dynamic ESA, Hill Start Control, hingga Pro Shift Assistant. (lua / rgr)