Jakarta –

Pasar otomotif Indonesia saat ini sedang lesu. Tetapi menurut angka penjualan Toyota Indonesia bukan segalanya. Kesehatan masyarakat merupakan faktor penting agar perekonomian terus tumbuh dan dapat menyebabkan peningkatan penjualan kendaraan di Indonesia.

Demikian disampaikan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi, kepada detikOto. Jimmi menjelaskan bahwa kesehatan masyarakat pada akhirnya akan menjadi kunci untuk memperbaiki perekonomian.

"Sebenarnya, hal pertama yang diperlukan adalah ekonomi membaik, menjaga kesehatan orang-orang sejajar dengan COVID-19. Keseimbangan ini penting," kata Jimmi.

"Setelah kesehatan membaik, hanya strategi yang tepat yang dapat dilakukan oleh produsen otomotif sehingga pasar otomotif jauh lebih bersemangat lagi."

"Pasar sedang turun, tetapi pangsa pasar Toyota ritel masih mencapai 39,4 persen. Pasar turun karena dampak COVID-19, pengetatan leasing dan juga PSBB. Bulan ini, untungnya, sudah mulai meningkat karena ada masa transisi di mana showroom sudah mulai terbuka, tentunya dengan protokol COVID-19, "kata Jimmi.

Karena pasar otomotif lesu karena virus korona, banyak produsen membuat rencana dengan mengandalkan penjualan online. Strategi yang sama masih akan diterapkan oleh Toyota, mengingat peningkatan penjualan melalui online.

"Menurut kami, ini efektif (penjualan online) terutama ketika COVID-19 seperti ini. Misalnya, prospek pembeli mobil sebelum COVID-19 hanya sekitar di bawah 10%, yang awalnya berasal dari online. Ketika COVID-19 mulai naik hingga 20% bahkan sekarang naik lagi menjadi 30-40%. Jadi kami terus melakukan strategi online-offline, "kata Jimmi.

"Ada lebih banyak saluran digital sekarang, mulai dari chatbot, m-Toyota Apps, situs web, media sosial. Termasuk juga situs web / dealer media sosial. Akhirnya, kerja sama dengan pasar. Komunikasi dengan konsumen juga melalui WhatsApp, misalnya, kami juga lakukan itu. "

"Tentu saja tidak hanya komunikasi digital tetapi juga kemudahan membeli seperti paket kredit / leasing yang menarik juga penting," pungkas jimmi.

Lihat videonya "Aksi Tulus dan Anji Selesaikan Acara Toyota Nation Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)