Pyongyang – Merek mobil seperti Honda, Toyota, Suzuki mungkin telah menghiasi banyak jalan di seluruh dunia. Mulai dari Amerika, Asia, Australia, hingga Afrika, merek Toyota Cs jelas tidak ada di sana.

Namun sayangnya mobil merek Jepang sebenarnya sulit ditemukan di negara pemimpin Kim Jong Un. Korea Utara dikenal memproduksi mobil sendiri. Tetapi sebagian besar kendaraan yang diproduksi disediakan untuk kebutuhan tentara dan industri.

Mengutip Financial Express, Korea Utara memiliki industri otomotif sendiri melalui Pyeonghwa dan juga merek yang dikembangkan secara pribadi.

Pyeonghwa adalah produsen besar yang menampung dua merek, Zunma dan Peokkugi. Pabrikan mobil di China sudah terkenal dengan menjiplak merek-merek besar, serta Korea Utara.

Jika China melacak mobil buatan Eropa, Amerika, hingga Jepang, Korea Utara sebenarnya meniru apa yang telah dibuat oleh pabrikan Cina.

Pabrikan Rusia Gorkovsky Avtomobilny Zavod (GAZ) cukup terkenal di Korea Utara. Salah satu model paling banyak di negara ini adalah Volga. Volga diproduksi dari tahun 1956 hingga 2010. Volga adalah salah satu mobil mewah di Korea Utara dan dimiliki oleh para eksekutif.

Tidak hanya mobil penumpang, ada juga merek Sungri Motor yang dikenal memproduksi truk untuk pengangkutan barang.

Merek Volvo Eropa terlihat di jalan-jalan Korea Utara. Tetapi ternyata ketika membawa 1.000 unit Volvo, pemerintah Korea Utara tidak membayarnya. Utang masih dilunasi karena jumlahnya ratusan juta dolar.

Mobil-mobil Jepang disita oleh mantan pemimpin Kim Jong-il. Mobil Jepang itu dianggap tidak dapat beroperasi dengan baik dan hanya memblokir jalan. (kering / ddn)