Jakarta –

Efisiensi bahan bakar merupakan masalah penting bagi sebagian besar pengguna kendaraan. Namun tahukah Anda bahwa ketebalan kaca depan juga berpengaruh pada penghematan bahan bakar atau tidak.

Marketing & Administrasi, Manajer Departemen Divisi Umum Kaca Otomotif PT Asahimas Flat Glass Tbk, Luciana Permata Sari menjelaskan, kaca mobil membantu kendaraan menjadi boros atau hemat.

“Sekarang pabrikan ingin mengupayakan efisiensi bahan bakar, sehingga butuh suku cadang yang lebih ringan dan bisa mengklaim mobil A atau B bisa hemat bahan bakar. Ketebalan kaca juga berpengaruh (efisiensi bahan bakar),” kata Luci.

IR Potong kaca depan dan kaca mobil Akustik terbaru Foto: dok. PT Asahimas Plat Glass

Oleh karena itu, setiap ketebalan kaca pada setiap jenis mobil berbeda-beda dan kini setiap pabrikan dikatakan menginginkan kaca yang tipis namun berkualitas.

“Ketebalan kaca bisa kita sesuaikan dari masing-masing mobil. Karena tiap kendaraan berbeda. Seperti Toyota Fortuner dan Innova beda. Ada yang 3,2 mm, ada yang 4 mm, bahkan sekarang trendnya kaca Tinner atau "Kaca menipis, biasanya kaca samping 3,2 mm, kaca depan 2mm + 2mm atau 1,8mm + 1,8mm," kata Luci.

“Saat ini kami mampu memproduksi kaca depan yang tipis, untuk kaca depan 1.6mm dan kaca samping 2.8mm,” tambah Luci.

Tonton Video "Detik-Detik Breaking Mobil Mengandung Cek Rp 43 Miliar di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)