Bangkalan – Sebagai incumbent, Presiden Joko Widodo juga melakukan kegiatan sebagai calon presiden selama periode kampanye ini. Jokowi tampaknya mengganti kendaraan ketika beralih dari kegiatan presiden ke calon presiden.

Salah satu fasilitas yang dibedakan oleh setiap agenda Jokowi adalah mobil. Saat berkampanye, Jokowi meninggalkan mobil kepresidenannya.

Sejak kemarin, Selasa (18/12), Jokowi memiliki kegiatan di Jawa Timur. Dalam agenda kemarin, Jokowi mengadakan perjalanan sehari ke sejumlah pesantren di Jombang. Jokowi datang ke Pondok Pesantren Darul Ulum, Pondok Pesantren Tebuireng, dan Pondok Pesantren Mamba Islam dalam kapasitasnya sebagai presiden. Jokowi mengendarai mobil RI-1. Jokowi kemudian menginap di sebuah hotel di Surabaya. Pada hari kedua di Jawa Timur pada Rabu (19/12/2018), Jokowi memulai aktivitasnya sebagai calon presiden. Dia menyeberang ke Pulau Madura untuk menghadiri deklarasi dukungan para ulama Madura di Bangkalan. Presidensi Mobil RI-1. (Andhika Prasetia / detikcom)
Sejak dari hotel, Jokowi meninggalkan mobil kepresidenan. Sama seperti pada kesempatan sebelumnya, mantan Gubernur DKI memilih untuk mengendarai mobil Toyota Innova. Kali ini, Innova hitam dengan nomor L-1329-IO dengan Jokowi ke Bangkalan.
Jokowi masih menggunakan mobil Innova ketika dia pergi makan siang setelah deklarasi itu diadakan. Tapi Jokowi mengganti mobilnya setelah makan siang selesai.

Mobil RI-1 telah menyambut Jokowi di depan tempat makan di Bangkalan. Jokowi melanjutkan agenda sore sebagai presiden. Dia akan mendistribusikan sertifikat tanah ke warga Bangkalan di lokasi di pusat kota di kabupaten. (dkp / ddn)