Jakarta – Apa yang dilakukan Otolovers ketika memiliki sepeda motor baru? Tentunya melakukan inreyen sambil menunggu plat dan pendaftaran kendaraan bermotor tiba di tangan. Namun ada tradisi unik di Indramayu, sebelum meluncurkan sepeda motor dimandikan terlebih dahulu.

Ini diketahui ketika akun Iin Indrawati mengunggah video ke jejaring sosial Facebook yang dikirim ke grup PESONA INDRAMAYU pada (24/12/2018). detikOto melihat, sepeda motor yang dimandikan oleh bunga adalah Yamaha R15 dengan warna hitam terbungkus merah.

"E wong dermayu bea cukai dari tas motor saya harus kaya Kenen," tulis Iin dalam unggahannya. Atau dalam arti adat orang Indramayu setelah membeli sepeda motor baru seperti ini.

Direkam dalam video 2:27 menit, seorang lelaki berseragam oranye mengelilingi sepeda motor beberapa kali. Warga di sekitar orang dewasa dan anak-anak antusias melihatnya.

Setelah diputar, tampaknya pria berseragam oranye itu memanggil siapa yang tampaknya menjadi pemilik untuk menyalakan sepeda motornya.

Selanjutnya, mesin kendaraan masih hidup dua kali dengan susah payah pria ini mengambil baskom untuk disiram, dan air terakhir berisi air bunga. Dari fasia hingga Yamaha R 15, tidak ada percikan air yang terlewatkan.

Keunikan tradisi yang direkam dalam video telah dibahas oleh Warganet.

"Jika itu hanya melestarikan adat, itu baik-baik saja, tetapi hati niat dan aqidah dijaga, hanya Tuhan yang menjadi penolong," tulis Kiki Widiyanto.

Beberapa bahkan sempat bernostalgia dengan tradisi. "Haha, ingat bahwa ketika saya membeli sepeda motor itu sama dengan itu, gawuran adalah karakteristik dari Wong dermayu," tulis Ana Kent.

Cahyadi Wismantoro berbeda, "Biarkan saya menjadi penggantinya, Rossi, yang membeli sepeda motor, YAMAHA AKAN MENJADI DEPAN," tulis Cahyadi.

(riar / lth)