Bogor – Di mata sang modifikator semua jenis kendaraan dapat dimodifikasi menjadi sebuah mahakarya dunia otomotif. Bahkan truk pickup yang digunakan untuk mengangkut sayuran ke pasar dapat berubah secara dramatis di bawah tangan yang dimodifikasi.

Kelebihan dari modifikasi pickup itu sendiri adalah luasnya area modifikasi yang bisa dilakukan terutama di bagian bodi. Berbagai instrumen hiburan dengan ukuran raksasa dapat dipasang tanpa repot menemukan ruang yang tepat.

"Sangat menyenangkan untuk memodifikasi pickup karena unik, mobil biasa yang mengangkut sayuran ke pasar dapat berpartisipasi dalam kontes modifikasi. Bagian belakang dapat diisi bahkan dengan home theatre," kata Bule kepada AFP dalam sebuah kontes modifikasi di Bellanova Country Mall Automotive 2019 di Sentul, Bogor.

Selain itu, bagi mereka yang sangat suka mejeng di pameran modifikasi untuk diperebutkan, segmen ini masih jarang dan selalu menjadi sorotan bagi juri dan pengunjung. "Ada banyak mobil pribadi, jika seperti ini, jarang, pasti unik dan jika kompetisi masih sedikit lawan," lanjut Bule.

Foto: Rizki Pratama

Bagian dalam pickup Bule sendiri bahkan membuat mobil komersial ini sangat nyaman dan menyenangkan. Bagaimana tidak, sofa di bagian belakang dan layar besar lengkap dengan audio akan memanjakan penumpang untuk bersantai.

"Ini seperti home theatre tetapi di dalam mobil pikap, ada sofa yang menurut saya pas di sini, dan tentu saja TV dan audio lengkap," kata Bule.

Untuk jumlah total hiburan, tentu saja, Anda harus merombak bagian listrik. Pickup ini setidaknya harus mengganti baterainya menjadi baterai menara yang diyakini cukup untuk mendukung kebutuhan listrik sistem audio.

"Mobil ini menyenangkan untuk menggunakan pertunjukan. Jika Anda ingin banyak audio, baterai harus ditambahkan ke menara dan tentu saja Anda harus hati-hati merapikan kabel karena banyak instrumen audio dipasangkan," kata Bule.

Namun, Bule mengingatkan calon modifikator pickup untuk selalu menyediakan terpal setiap kali mereka bepergian. Alasannya tentu sudah melindungi sistem audio dari cuaca buruk seperti hujan. (rip / rgr)