Jakarta – Toyota masih mempertahankan penggerak roda belakang pada Avanza Low MPV andalannya. Toyota masih enggan mengikuti tren Low MPV, yang rata-rata telah mengusung roda depan.

Tercatat dari tujuh MPV Rendah di negara ini, empat di antaranya telah membawa penggerak roda depan yaitu Xpander, Mobilio, Livina, dan Ertiga. Sementara Avanza didampingi Xenia juga Wuling Confero.

Salah satu alasan untuk menggunakan penggerak roda depan Low MPV adalah penghematan bahan bakar. Karena konsumen di segmen tersebut masih cukup peduli dengan konsumsi bahan bakar.

Mobil dengan penggerak roda depan berarti semua daya dari mesin disalurkan ke roda depan mobil. Sementara roda belakang tidak diberi tenaga.

Membawa daya penggerak roda depan membuat mobil lebih irit bahan bakar dan lebih sedikit emisi karbon dioksida.

Sistem penggerak roda depan juga lebih murah sehingga bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi pabrikan. Mengutip Edmunds, penggunaan sistem roda depan juga dapat membantu mengatasi masalah yang biasa dialami oleh penggerak roda belakang seperti kehilangan traksi saat memasuki tikungan.

Sayangnya untuk performa penggemar mobil, mobil penggerak roda depan kurang asyik untuk didorong.

Sementara penggerak roda belakang dipilih oleh pabrikan dengan maksud agar mobil dapat mengangkut beban yang lebih berat. Seperti diketahui mobil MPV biasanya mampu memuat tujuh penumpang. Sesuai namanya, mobil MPV juga mampu mengangkut barang dengan berat. (kering / ddn)