Penjualan Kia turun 5,2 persen dibanding tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kia Motors Corporation melaporkan total penjualan 216.945 unit pada Agustus. Kinerja ini turun 5,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Model SUV masih mendominasi penjualan pabrikan mobil asal Korea ini, dengan Sportage terjual 31.288 unit. Kemudian disusul Seltos dengan 30.714 unit, sedan K5 hanya 18.882 unit.

Penjualan di Korea turun 11,3 persen tahun ke tahun menjadi 38.463 unit. Penurunan ini disebabkan adanya peningkatan jalur produksi di pabrik dalam negeri yang untuk sementara waktu mengurangi pasokan.

Sorento yang rilis pada Maret 2020 dan K5 yang dirilis pada Desember 2019 masing-masing menjadi SUV dan sedan terlaris di Korea.

Sementara di luar Korea, penjualan Kia turun 3,7 persen dari tahun sebelumnya menjadi 178.482 unit, dipengaruhi melambatnya aktivitas ekonomi akibat pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung.

Menyikapi kondisi bisnis yang sulit akibat pandemi, Kia melakukan berbagai langkah antisipatif. Misalnya dengan meningkatkan digital marketing, termasuk presentasi online kepada calon konsumen untuk penjualan kendaraan baru, dan memperpanjang masa garansi.

Kia mengharapkan momentum penjualan baru di paruh kedua tahun ini berkat jajaran model baru yang kuat, termasuk SUV Sonet yang akan dirilis di India bulan ini.

sumber: antara