Saat ini fitur parkir jarak jauh hanya berlaku untuk mobil mewah atau mobil listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL – Februari lalu, Kia memperkenalkan penyegaran pada produk-produk Sorento. Kemudian di bulan Juli, generasi terbaru dari SUV kompak rencananya akan dipasarkan. Agar dapat memberikan ancaman kepada lawan, Kia juga menanamkan sejumlah fitur terbaru di mobil ini.

Dilansir dari Car Advide, Sabtu (16/5), salah satu fitur paling canggih adalah fitur remote smart parking assist (RSPA). Dengan fitur ini, bisa dibilang generasi keempat Kia Sorento ini akan menjadi mobil paling canggih di kelasnya. Mengingat, saat ini fitur RSPA hanya diterapkan pada mobil mewah atau mobil listrik.

Fitur ini adalah fitur yang memudahkan pengemudi untuk parkir di ruang sempit. Biasanya, ketika parkir di ruang sempit karena posisi mobil yang terlalu dekat dengan mobil atau dinding lain, ini akan membuat pengemudi harus menemukan cara memarkir dan bisa membuka pintu untuk akses masuk dan keluar.

Sekarang, dengan RSPA, maka pengemudi dapat sementara menempatkan kendaraan di area yang lapang. Setelah itu, pengemudi dapat keluar dari mobil dan mengaktifkan fitur. Kemudian, mobil akan parkir mandiri secara aman.

Bahkan, fitur ini juga dilengkapi dengan sensor yang akan menghentikan kendaraan secara otomatis jika tiba-tiba ada orang atau kendaraan yang melintas di sekitar kendaraan.

Selain RSPA, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru yang menjadikan Kia Sorento sebuah mobil dengan tingkat keamanan yang tinggi. Salah satu fitur tersebut adalah fitur airbag tengah. Dengan fitur yang terletak di antara dua kursi depan, pengemudi dan penumpang depan tidak akan terlempar ketika ada benturan keras dari samping.

Selain itu, fitur keamanan yang juga tertanam adalah fitur sistem pengereman multi-tabrakan. Dengan fitur ini, sistem pengereman akan diaktifkan secara otomatis setelah kecelakaan. Hal ini membuat potensi mobil yang terpental dapat ditekan ketika tiba-tiba sebuah mobil ditabrak oleh kendaraan lain selama serangkaian kecelakaan.