Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meluncurkan daerah yang menjadi daerah rawan banjir yang akan terjadi pada bulan Januari, Februari dan Maret 2019. Perkiraan ini mencakup potensi banjir tinggi, sedang, rendah dan aman dari kejadian banjir.

Di Jakarta sendiri, BMKG memperingatkan hujan disertai petir dan angin kencang. Untuk alasan ini, masyarakat diminta untuk waspada dan diharapkan dapat membantu dalam melakukan kegiatan pencegahan banjir yang lebih besar.

Bagi Anda pengendara motor roda dua harus lebih berhati-hati karena biasanya banjir ini akan menyebabkan jalan yang rusak dan membuat lubang di mana-mana sehingga dapat menyebabkan kecelakaan.

Selain jalan rusak dan berlubang, pengendara sepeda motor juga sering dihadapkan dengan sepeda motor yang rusak karena busi atau filter udara bermotor yang diinfuskan dengan air. Jika frekuensinya rusak, ada kemungkinan mesin akan cepat rusak. Agar tidak rusak oleh banjir, pengendara perlu memperhatikan hal-hal berikut:

1. Saat melewati lokasi banjir, perhatikan ketinggian air untuk tidak melewati busi pada motor, karena air yang masuk dapat menyebabkan kunci kontak di mesin tidak bekerja dengan baik.

2. Jika Anda harus menembus banjir, lebih baik mematikan mesin sepeda motor Anda, karena jika air masuk ketika suhu ruang pembakaran tinggi akan menyebabkan piston motor Anda pecah.

3. Masukkan selang tebal ke knalpot yang menghadap ke atas jika Anda masih ingin memaksa mesin sepeda motor untuk tetap hidup, setidaknya itu bisa mengurangi air yang masuk ke mesin.

Saat musim hujan, perhatikan busi. Tutupi komponen busi dengan lemak. Setidaknya pelindung dapat meminimalkan air yang masuk ke area kunci kontak.
Jika busi sudah masuk ke dalam air, semprotkan dengan pelumas ke kepala busa agar airnya cepat kering.

Foto: Rexco

"Busi yang memasuki air menyebabkan saluran udara tutup di busi, sehingga peran pelumas diperlukan untuk dapat mengeringkan air di dalam busi," kata Manajer Pemasaran Rexco Tomy Tambrani dalam siaran pers yang diterima oleh detikOto, Selasa (3/5/2019) (ddn / ddn)