Balikpapan – Acara 2019 Indonesia Automodified (IAM) akan diadakan di Balikpapan, Kalimantan Timur, di Balikpapan Ocean Square. Salah satu kontes modifikasi terbesar di negeri ini menunjukkan kreativitas penduduk Balikpapan dari 6 hingga 7 April 2019.

Berbagai jenis modifikasi mobil dihadirkan di sana. Salah satunya adalah model pickup Toyota Kijang Doyok 1981 waspada dikelilingi oleh wanita HIN seksi.

Mobil itu milik Chandra, warga Banjarmasin. Chandra mengatakan truk pickup Kijang Doyok 3K 1981 hanya dibeli dengan harga Rp7 Juta. Namun siapa sangka, mobil yang sebelumnya tidak jelas, menjadi objek bagi para wanita seksi.

"Ini dulunya adalah kendaraan pengangkut pasir bekas, yang dibeli hanya Rp7 juta," kata Chandra kepada AFP, Sabtu (6/6/2019).

Chandra menyebut mobil ini dijuluki kuning, terinspirasi oleh salah satu karakter film fiksi Hollywood yang telah menjadi terkenal, yaitu Bumblebee. Memang, di deretan mobil modifikasi IAM 2019, Kuning menarik perhatian, warna kuning yang mencolok membuat mobil ini begitu mudah terlihat saat memasuki area seri IAM Balikpapan 2019.

"Konsepnya elegan, total perombakan eksterior, tapi mesinnya tidak berubah, karena mesin ini tangguh, kadang digunakan untuk hang out dengan komunitas, itu juga bisa digunakan untuk penggunaan sehari-hari," jelas Chandra.

Butuh 6 bulan untuk memodifikasinya, melalui salah satu lokakarya mitra yang disebut Suka. Biayanya cukup untuk membeli pabrikan motor Jepang 250 cc. "Harganya Rp. 70 juta," kata Chandra.

"Kita semua mengubah eksterior, memotong semuanya, sisa sasis. Flat ini tidak menggunakan suspensi udara, hanya menggunakan per bambu potong sepotong (sesuai adat)," jelas Chandra. (riar / kering)