Jakarta –

Berapa kali lampu sirene dibunyikan hanya untuk kendaraan tertentu. Kendaraan pribadi tidak boleh menggunakan perangkat ini atas dasar apa pun bahkan untuk tujuan sosial.

Salah satu kendaraan pribadi yang menggunakan sirine adalah ambulans guide. Mereka adalah relawan yang memudahkan ambulans melewati jalanan yang macet.

Salah satu komunitas pemandu ambulans, Indonesian Escorting Ambulance (IEA), menyadari bahwa beberapa anggotanya benar-benar menggunakan sirine. Namun, mereka tidak bisa melarang karena mereka hanya organisasi sosial dan kendaraannya memang kendaraan pribadi.

“Memang penggunaan sirene pada kendaraan hanya untuk yang sudah diatur undang-undang. Ini memang polemik bagi kami, karena kendaraan itu milik pribadi masing-masing, kalau mau melarang kita bisa & # 39; juga tidak, "jawab Founder IEA, Nova Widyatmoko saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (9/10/2020).

Di sisi lain, Nova mengatakan penggunaan sirene juga memiliki manfaat. Beberapa kali ada kasus sirine ambulans rusak, sirine yang dipasang pada sepeda motor bisa menjadi alternatif.

“Tapi kadang meski dilarang membantu juga, misalnya ada ambulans yang sirene rusak kadang kita bantu bawa pasien gawat darurat, jadi sangat membantu dan bermanfaat juga,” kata Nova.

Meski begitu, Nova menyadari penggunaan sirene di kendaraan pribadi pada dasarnya dilarang. Ia hanya bisa mendorong rekan-rekannya untuk menggunakan sirene dalam kondisi tertentu.

“Kembali saja ke masing-masing karena ada pro dan kontra serta penggunaannya. Secara pribadi saya anjurkan untuk tidak menggunakannya, tapi jika sudah terpasang tolong di minimalkan di jalan dan jangan di gunakan. t menggunakannya secara bebas kecuali dalam keadaan darurat, ”pungkasnya.

Tonton Video "Layanan Ambulans Uji Coba Inggris & # 39; Iron Man & # 39;"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)