Jakarta –

Menjalankan misi luhur mengawal ambulans agar tidak terjebak kemacetan dan tetap mendapat prioritas di jalan raya, Ambulans Pengawal Indonesia (Komunitas Penjaga Ambulans) mengaku tidak dibayar sama sekali . Lalu darimana uang operasional itu berasal?

Ambulans merupakan salah satu jenis kendaraan di Indonesia yang memiliki prioritas tinggi dan bebas dari peraturan lalu lintas. Meski begitu, tak jarang kendaraan ini terhambat dalam menjalankan tugasnya sementara ada pengguna jalan lain yang egois.

Masalah ambulans ini sempat menghebohkan hati para pengguna sepeda motor yang tergabung dalam Indonesian Escorting Ambulance (IEA). IEA adalah organisasi sosial yang secara aktif mengawal perjalanan ambulans untuk menghindari kemacetan lalu lintas dan semua rintangan.

Nah, sebagaimana diketahui sepeda motor membutuhkan bahan bakar untuk perawatan jalannya, apakah anggota mendapat komisi untuk setiap tugasnya? Pendiri IEA Nova Widyatmoko mengatakan komunitasnya tidak mendapatkan uang dari membantu ambulans.

“Nah dari anggotanya sendiri, ini organisasi kemasyarakatan, jadi setiap anggota yang tergabung di sini sudah paham konsekuensinya,” jawab Nova kepada detikcom saat dihubungi via telepon, Jumat (9/10/2020).

Ia menambahkan, mulai dari biaya, waktu dan tenaga sudah menjadi sesuatu yang rela direlakan member setiap kali membantu ambulans.

“Mereka harus siap meninggalkan gas, tenaga, pikiran sendiri. Jadi relawan saja,” ujarnya.

Nova menambahkan, motivasi utama banyak yang bergabung dengan anggota ini adalah karena memiliki jiwa sosial yang tinggi. Ada juga yang punya pengalaman khusus dengan transportasi ambulans, sehingga terpanggil untuk membantu.

“Banyak faktor dari teman-teman yang bergabung, salah satunya mereka memiliki pengalaman terkait ambulans dan sangat suka melakukan kegiatan sosial. Jadi anggota ini juga punya kepedulian sosial,” kata Nova.

Tahun ini tepatnya bulan Oktober, IEA resmi berdiri selama 3 tahun. Hingga saat ini, komunitas tersebut telah menjadi wadah bagi 2.000 relawan yang siap memandu perjalanan ambulans.

Tonton video "Morris Garage & # 39; s Ambition to Take CR-V and Mazda CX-5 Users"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)