Hyraze League, balap mobil hidrogen akan digelar pada 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN – Insinyur di dunia otomotif terus ditantang untuk bisa menghadirkan mobil berperforma tinggi namun tetap ramah lingkungan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menghadirkan mobil balap hidrogen.

Dilansir dari Electrive, Minggu (23/8), konsorsium asal Jerman juga tengah mempersiapkan balapan mobil hidrogen bertajuk Hyraze League. Rencananya balapan mobil hidrogen pertama di dunia akan dimulai pada 2023.

Konsorsium tersebut terdiri dari sejumlah produsen termasuk ADAC, Dekra, DMSB, HWA, Schaeffler dan WESA. Selain menggelar balapan, pabrikan tersebut juga berperan sebagai penyedia sejumlah komponen yang digunakan pada mobil balap hidrogen.

Mengenai konsep balapan dan beberapa infrastruktur dasar, balapan ini akan dikelola oleh HWA. Perusahaan yang merupakan bagian dari Daimler ini dipercaya untuk mengelola karena juga berpengalaman di divisi motorsport AMG.

Selain ingin mendorong perkembangan mobil dengan powertrains ramah lingkungan, liga ini juga bertujuan untuk menghadirkan green car secara komprehensif. Oleh karena itu, perlombaan ini juga membutuhkan penggunaan material dan komponen dari material yang ramah lingkungan.

Uniknya, perlombaan ini diadakan baik secara nyata maupun virtual. Artinya setiap tim harus memiliki dua pembalap yaitu pembalap di sirkuit nyata dan pembalap simulator.

Rencananya, perlombaan ini juga akan menjadi perlombaan berskala global yang akan diadakan di beberapa negara. Namun, saat ini pihak penyelenggara masih belum bisa memastikan di sirkuit mana balapan tersebut akan digelar.