Tahun lalu, pasar kendaraan komersial tumbuh signifikan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi truk dan bus Mitsubishi Fuso, menargetkan penjualan 55 ribu unit pada 2019. Angka tersebut diharapkan dapat memperkuat pencapaian pangsa pasar absolut hingga 45 persen dan memperkuat posisi pemimpin pasar di segmen kendaraan komersial.

Direktur Penjualan dan Pemasaran KTB, Duljatmono, Senin (11/3) menjelaskan bahwa perusahaan menetapkan target ini berdasarkan kinerja dan tren permintaan kendaraan komersial pada tahun 2018.

Tahun lalu, pasar kendaraan komersial menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. "Fuso memimpin pasar dengan mengakuisisi pangsa pasar 43,9 persen dengan 51.132 unit truk terjual, meningkat 20,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.

Colt Diesel di segmen truk tugas ringan (LDT) masih menjadi kontributor terbesar dengan 45.257 unit dan pangsa pasar 58,1 persen. Sementara itu, pertumbuhan Fuso di segmen truk tugas menengah (MDT) meningkat secara signifikan menjadi 41,8 persen dengan 5.811 unit terjual. "Sisanya 64 unit disumbangkan oleh kepala traktor di segmen truk tugas berat (MDT)," katanya.

Target pasar yang ditetapkan pada 2019 didasarkan pada proyeksi pertumbuhan untuk memenuhi permintaan pasar. Target 55 ribu unit pada 2019 terdiri dari 47 ribu unit LDT dan tujuh ribu MDT dan unit HDT. Untuk memenuhi target ini, KTB menyiapkan strategi dari sisi pelanggan dan layanan purna jual.

Untuk industri kendaraan komersial, tahun ini diperkirakan tumbuh 5-10 persen. Angka ini juga menjadi pertimbangan penentuan proyeksi target perusahaan pada 2019. "Referensi kami lebih ke pertumbuhan pasar terkecil, yaitu lima persen tahun ini," jelasnya.