Jakarta –

Drama senggolan seri MotoGP Ceko, Sirkuit Brno, Minggu (9/8). Pol Espargaro (Red Bull KTM Racing) terjatuh setelah menyentuh Johann Zarco (Reale Avianti Racing).

Di seri MotoGP Ceko tadi malam, bencana menimpa Espargaro saat memasuki lap ke-9. Pembalap KTM itu jatuh di tikungan pertama setelah menabrak Zarco. Naik ke posisi keempat, Zarco kemudian menyalip Quartararo di lap 11 dan menempati posisi ketiga. Sementara itu, impian Espargaro pupus untuk finis di podium.

Insiden tersebut membuat Zarco mendapatkan penalti long lap (LLP). Ia dinyatakan bersalah saat menabrak Pol Espargaro yang menyebabkan pebalap KTM tersebut terjatuh saat balapan, menyisakan 13 lap tersisa.

“Yang terjadi tidak adil bagi kami,” komentar Espargaro usai balapan, seperti dikutip dari balapan, Senin (10/8/2020).

"Balapannya bagus, dan saya hanya duduk di sana melihat data elektronik dan menyaksikan orang-orang membakar ban, yang sebenarnya saya bisa berjuang untuk menang di lap terakhir,"

"Saya tidak bisa menunjukkan potensi saya, saya tidak bisa memenangkan balapan KTM pertama, dan meskipun empat tahun terakhir telah membuahkan hasil, saya tahu kami menang dan seseorang mengambilnya dari kami.

"Dia bisa saja menghindari kontak tapi tidak," lanjut Espargaro.

"Dia mengambil kemenangan dari kami. Yang dia dapatkan hanyalah penalti long lap di trek yang bercanda, dan dia masih naik podium," jelas Espargaro.

LLP adalah penalti dimana pembalap yang dikenai harus mengemudi di jalur terpisah, biasanya di bagian run-off (luar) dari tikungan beraspal. Setiap sirkuit akan ditandai dengan area sanksi LLP, termasuk Sirkuit Brno. Seperti dilansir Crash. Secara umum, hukuman ini diharapkan merugikan penerima 3-4 detik.

“Saat saya mendapat penalti, saya tidak bertarung dengan siapa pun, tapi saya tahu saya harus segera melakukannya agar tidak kehilangan konsentrasi,” jelas Zarco.

[Gambas:Twitter]

Mantan pembalap Ducati Casey Stoner pun angkat suara atas insiden ini. Ia merasa keputusan arah balapan tidak tepat.

Sayang @MotoGP !, kata Stoner melalui akun Twitternya.

"@Zarco tidak melakukan kesalahan, jika balapan terlalu lebar, Anda tidak bisa berharap untuk pergi ke tepi jalan tanpa ada orang di sana. Keputusan buruk dari ofisial," tambah Stoner.

Tonton "Quartararo Tercepat dalam Latihan Bebas II MotoGP Ceko 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / rgr)