Jakarta –

Pemerintah dianggap perlu mengantisipasi keberadaan gelombang mudik lokal pada hari libur Idul Fitri untuk mencegah penyebaran COVID-19. Langkah ini telah diambil oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020.

Pengamat Transportasi dari Institut Studi Transportasi, Darmaningtyas, mengatakan bahwa pemerintah daerah di zona penyangga Jakarta, seperti Bodetabek, merasa perlu untuk mensinergikan penerbitan peraturan teknis tentang masuk dan keluarnya orang-orang di tengah Skala Besar Batasan Sosial (PSBB).

"Ya seharusnya. Tetapi jika Jawa Barat memungkinkan, untuk wilayah Jabodetabek, masing-masing pemerintah daerah (kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Depok). Tetapi jika untuk Pergub, lebih baik, "Darmaningtyas kepada detikOto, baru-baru ini.

Dia melanjutkan, kepulangan lokal berarti bepergian untuk persahabatan fisik dengan kerabat atau kerabat yang tidak jauh, misalnya melintasi daerah di Jabodetabek.

Faktor lain yang dapat mendorong masyarakat lokal untuk pulang adalah bahwa selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) masyarakat masih dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk melintasi wilayah di Jabodetabek selama memenuhi protokol kesehatan dan persyaratan pembatasan.

"Kunci untuk mengantisipasi kepulangan lokal lintas wilayah di Jabodetabek terletak pada masing-masing pemerintah daerah. Oleh karena itu, Satuan Tugas Covid-19 di setiap pemerintah daerah di Jabodetabek harus memiliki ketegasan untuk meminta orang tidak melakukan kepulangan lokal atau keramahtamahan fisik di Hari Raya Idul Fitri, "katanya.

"Ketegasan ini harus disosialisasikan mulai sekarang ke semua komunitas di seluruh Jabodetabek." dia menjelaskan.

Akhirnya, karena pulang atau berkumpul sebenarnya adalah bagian dari kegiatan sosial budaya. Ia percaya bahwa sosialisasi akan lebih efektif, tentu saja dengan pendekatan budaya seperti melibatkan tokoh masyarakat atau tokoh agama.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara resmi mengeluarkan Peraturan Gubernur No. 47 Tahun 2020 dalam rangka pencegahan COVID-19. Namun, Anies memberikan pengecualian kepada beberapa warga yang keluar masuk Jakarta.

Orang yang dikecualikan sama dengan pengecualian pembatasan sosial skala besar (PSBB). Peraturan teknis diatur dalam Peraturan Gubernur, tetapi hanya mengatur perpindahan orang ke dalam dan ke luar Jakarta, sebagaimana dinyatakan dalam pasal 4 Peraturan Gubernur:

(1) Setiap orang atau pelaku usaha dilarang melakukan kegiatan bepergian masuk dan keluar dari Provinsi DKI Jakarta selama periode penentuan bencana non-alami untuk menyebarkan Penyakit Virus Corona 2019 (COVID-19) sebagai bencana nasional.

(2) Setiap orang atau pelaku usaha yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikenakan tindakan sebagai berikut:

Sebuah. jika berasal dari Provinsi DKI Jakarta diarahkan untuk kembali ke rumah / tempat tinggalnya, dan
b. jika berasal dari luar Provinsi DKI Jakarta diarahkan untuk kembali ke tempat asal perjalanannya atau dikarantina selama 14 (empat belas) hari di tempat yang ditunjuk oleh Satuan Tugas Tingkat Provinsi untuk Penanganan COVID-19 dan / atau Kota / Tingkat Administrasi Kabupaten.

(3) Larangan keluar dan / atau memasuki Provinsi DKI Jakarta sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak berlaku untuk:

Sebuah. orang atau pelaku usaha yang memiliki KTP-el Jabodetabek; dan
b. orang asing yang memiliki KTP-el / izin tinggal permanen / izin
Jabodetabek tinggal terbatas, dengan tujuan dan / atau dari daerah yang terletak di
Jabodetabek.

Sementara itu, mereka yang dikecualikan karena alasan kerja atau majikan di Jakarta diharuskan memiliki Izin Keluar / Masuk (SIKM) yang diperoleh secara online melalui situs corona.jakarta.go.id. Surat ini adalah dispensasi untuk dapat melakukan kegiatan perjalanan masuk dan keluar dari Provinsi DKI Jakarta selama penentuan Penyakit Virus Corona non-alami 2019 (COVID-19) sebagai bencana nasional.

Lihat video "Dengarkan Banding Polisi terkait dengan Moda Transportasi Menjelang PSBB di DKI"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / lua)