Kursi yang dipanaskan dalam mobil atau truk dapat menjadi kenyamanan hangat yang menyenangkan di musim dingin. Mereka mudah dioperasikan dan dapat membuat Anda tetap hangat di drive musim dingin Anda untuk bekerja.

Kebanyakan orang menganggap ini sebagai kemewahan yang hanya tersedia di kendaraan yang lebih tinggi. Dengan kemajuan otomotif dewasa ini, Anda dapat menemukan kursi yang dipanaskan di lebih banyak kendaraan daripada sepuluh tahun lalu.

Sekarang hari, banyak kendaraan datang dengan kursi yang dipanaskan. Sebagai contoh, Subaru Outback menawarkan fitur ini di semua model standarnya.

Mari kita lihat bagaimana kursi pemanas bekerja.

Konsep listrik mirip dengan selimut listrik, pemanas air dan unit lain yang menggunakan listrik untuk memanaskan sesuatu. Kursi-kursi dioperasikan dengan elemen pemanas yang bertindak seperti resistor. Resistor mencoba untuk memblokir listrik. Ketika listrik melewatinya, energinya berubah menjadi panas. Ini adalah panas yang menghangatkan roti Anda dalam cuaca mengemudi musim dingin.

Tidak perlu khawatir tentang kepanasan …

Jika panas terus mengalir melalui kursi, suhu kursi akan terus meningkat. Kursi bisa menjadi tidak nyaman untuk diduduki, dan bahkan bisa membakar kulit Anda. Atau yang lebih buruk lagi, elemennya bisa menjadi sangat panas sehingga bisa melelehkan kursi dan apa pun yang ada di kursi ini – termasuk roti Anda!

Untuk menghindari bahaya ini, kursi yang dipanaskan memiliki termostat yang secara otomatis mematikan kursi pada suhu tertentu. Setelah kursi telah mendinginkan termostat akan memicu relay yang menyalakan kembali panas.

Termostat ini menawarkan Anda keamanan dan kenyamanan.

Beberapa model seperti Hummer H2 SUT menawarkan 2 pengaturan yang berbeda, tinggi dan rendah sehingga Anda dapat memutuskan seberapa hangat Anda menginginkan tempat duduk Anda.

Contoh lain adalah Audi A4 yang menawarkan 6 pengaturan berbeda. Keenam pengaturan ini memberi Anda kendali lebih besar atas suhu yang ingin Anda gunakan untuk memanaskan kursi Anda.

Perawatan yang tepat untuk kursi yang dipanaskan juga akan membantu Anda tetap aman.

Kabel listrik yang memanaskan kursi harus diperiksa secara teratur. Paling sering ini adalah kabel tiga kawat yang terletak di bawah kursi. Memastikan bahwa masing-masing kabel ini dikencangkan dengan aman di port baik di kursi dan lantai akan memastikan keamanan lebih. Juga pastikan bahwa kabel tidak menggantung terlalu rendah sehingga sesuatu dapat menangkap dan menariknya dari port. Ini dapat membantu mencegah kemungkinan kecelakaan.

Juga, saat membersihkan kursi, gunakan kain lembab yang lembut untuk menyeka kursi ke bawah. Hindari menyemprotkan cairan pembersih apa pun langsung di kursi karena kelembapan dapat meresap ke dalam kursi dan menyebabkan kabel menjadi pendek. Singkat bisa menyebabkan kebakaran.

Mengetahui cara kerjanya dan menggunakan tips sederhana ini dengan kursi yang dipanaskan dapat memastikan bahwa Anda memiliki perjalanan yang aman dan sangat nyaman di musim dingin.