Lamborghini adalah mobil sport mewah Italia dengan sejarah yang kaya. Perusahaan ini didirikan oleh Ferruccio Lamborghini pada tahun 1963 dan sukses instan. Dikatakan bahwa Lamborghini memiliki traktor yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan dia telah bertemu dengan Enzo Ferrari untuk mengeluh tentang masalahnya. Enzo menepis masalah yang mengatakan kopling baik-baik saja, tetapi pengemudinya miskin. Ketakutan, Lamborghini memulai sebuah perusahaan untuk menyaingi Ferrari. Pada tahun 1964, ia melakukan hal itu dengan memperkenalkan 350GT

Ini diikuti oleh lebih banyak GT dan perusahaan terbakar. Dengan keanggunan elegan dan mesin besar, mobil kecil yang tersampir ini tampak seperti Fiat tetapi jauh lebih cepat. Selama bertahun-tahun, Lamborghini menghasilkan dia LP500 Countach yang menjadi sukses sepanjang malam tetapi ini berumur pendek karena krisis minyak tahun 70-an.

Perusahaan itu dihadapkan dengan banyak kebangkrutan dan perusahaan bergabung dengan Chrysler. Chrysler lebih lanjut meningkatkan mobil cepat ini tetapi iklim ekonomi yang buruk melarang penjualan.

Lamborghini kembali dijual kembali dan segera Diablo SV dirilis. Belakangan, Audi AG membeli perusahaan dan kembali mendesain ulang mobil tersebut. Hari ini, Lamborghini adalah anak perusahaan grup Volkswagen.

Salah satu masalah dengan Lamborghini adalah biaya untuk membelinya. Mucielago LP640 saat ini lebih murah daripada Spyder atau Gallardo tetapi penjualan belum meningkat. Meskipun mobilnya cepat dan efisien, mereka tetap mahal untuk masyarakat umum. Ada spekulasi bahwa sedan empat pintu mungkin menjadi langkah berikutnya untuk mobil sport ini.

Tidak seperti kebanyakan mobil Eropa lainnya, Lamborghini tidak memasuki sirkuit balap untuk waktu yang lama. Ini karena pemilik pertama tidak melihat sirkuit olahraga sebagai bisnis yang menguntungkan dan dia percaya itu mahal. Pada tahun 90-an, Lamborghinis secara sporadis memasuki sirkuit balap dan melakukannya dengan baik.

Saat ini semua pekerjaan dan mendesain ulang Lamborghini baru ditunda karena kata ekonomi.