Vallelunga, Italia – Di setiap balapan Lamborghini dunia, Super Trofeo, ada sekitar 500 ribu liter bensin yang harus disediakan. Menariknya, selama tiga tahun terakhir, bensin Indonesia, Turbo Pertamax, diyakini dapat mengisi ini.

Jumlah bensin yang dibawa di setiap balapan berbeda. Bergantung pada lintasan yang harus dilalui. Tetapi untuk Final World Super Trofeo 2018 yang diadakan di Vallelunga, Italia, setidaknya ada 500 ribu liter Pertamax Turbo dengan RON 100 yang disediakan.

Pertamax Turbo Packaging Photo: Ruly Kurniawan "Kami telah menggunakan Pertamax Turbo selama 3 tahun, dan kami belum menemui masalah sama sekali. Ini adalah produk yang sangat bagus dan cukup kompetitif di Italia. Untuk acara Super Trofeo, kami menggunakan Pertamax Turbo dengan 100 oktane, "Lamborghini & Marketing and Sponsorship berkata, Alessandra Limatola, seperti dilaporkan oleh reporter detikOto Ruly Kurniawan dari Vallelunga, Italia, Selasa (20/11/2018)

"Biasanya, setiap lomba kami sediakan 1 truk besar. Untuk sirkuit Vallelunga sendiri, sekitar 500 ribu liter kami bawa. Tentu saja, ini bisa berubah tergantung sirkuit," lanjutnya.

Keputusan untuk menggunakan bensin dari PT Pertamina (Persero) di arena dunia tentu bukan hal yang mudah untuk diputuskan oleh Lamborghini. Mereka harus melakukan pengujian dan komunikasi terlebih dahulu, yang sudah dilakukan sejak 2014.

Tepat pada 21 Januari 2015, Lamborghini mengumumkan bahwa Pertamax Turbo dan Fastron adalah bahan bakar dan pelumas resmi. Dalam kerja sama ini, Pertamina mendukung semua seri balap Lamborghini di dunia. Untuk memenuhi pasokan Pertamax Turbo, Pertamina menunjuk Centro Petroli Roma sebagai mitra lokal.

Pertamina memasok ras Super Trofeo dengan Pertamax Turbo yang telah menerima persetujuan dari Lamborghini dalam hal teknis dan spesifikasi. Peluncuran Pertamax Turbo di Eropa diadakan pada 29 Juli 2016 saat seri balap Super Trofeo di Sirkuti Spa-Francorchamps, Belgia. (ruk / ddn)