Inspeksi ini dilakukan bekerja sama dengan mitra layanan independen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya pada awal 2020 berdampak signifikan pada masyarakat. Tidak hanya kerusakan besar pada rumah, tetapi juga kendaraan bermotor. Data OLX mencatat permintaan untuk layanan inspeksi pada Januari 2020 setelah terjadinya banjir besar dan mencapai 303 persen lebih tinggi dari bulan yang sama tahun lalu

Inspeksi Mobil adalah layanan pengecekan mobil yang terperinci dan komprehensif, yang bekerja erat dengan mitra layanan pengecekan mobil yang independen dan berpengalaman. Program ini diluncurkan pada tahun 2018 untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pelanggan yang menginginkan laporan komprehensif tentang kondisi mobil yang akan dibeli.

"Ada peningkatan signifikan dalam pemesanan untuk layanan Inspeksi Mobil OLX setelah banjir awal tahun ini," kata Agung Iskandar, Direktur Pertumbuhan dan Kemitraan OLX Indonesia dalam pernyataan tertulis Selasa (18/2). Tidak hanya mereka yang menderita kerusakan kendaraan bermotor tetapi juga yang mencari kendaraan bermotor.

Hasil survei internal menunjukkan bahwa permintaan untuk layanan Inspeksi Mobil mencapai 61 persen untuk menghindari kemungkinan pembelian unit mobil yang terkena dampak banjir. Sementara 21 persen responden memesan layanan ini sehingga penjual tidak dipermainkan oleh mereka.

Car Inspection Service hadir untuk menjawab masalah yang sering dihadapi oleh pembeli dan penjual mobil saat bertransaksi online. Informasi terperinci dan akurat tentang kondisi mobil yang akan dijual atau dibeli adalah persyaratan utama dalam proses pembelian dan penjualan.

Kondisi ibukota yang sedang memasuki musim penghujan sehingga rawan terjadi banjir yang bisa berakibat fatal bagi kendaraan bermotor. "Layanan ini tidak hanya dapat membantu pembeli dan penjual mobil potensial pada platform OLX, tetapi juga dapat membantu masyarakat umum yang ingin mengetahui kondisi mobil mereka saat ini," katanya.