Jakarta –

Bagi Anda pemegang Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masa berlakunya akan segera habis, Anda bisa memperpanjang masa aktif SIM di gerai SIM Handphone. Hari ini Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya membuka layanan Mobile SIM di dua titik di wilayah DKI Jakarta.

Dikutip dari NTMC Polri, hari ini, Minggu 6 September 2020, Jakarta Mobile SIM diadakan oleh Satpas SIM Daan Mogot untuk wilayah barat dan Kampus Trilogi Kalibata untuk wilayah selatan.

Layanan SIM seluler buka hari ini mulai pukul 07.00 hingga 12.00 WIB. Pelayanan tetap menggunakan SOP Kesehatan yaitu pelamar wajib memakai masker dan menerapkan jarak fisik.

Perpanjangan SIM A dan SIM C di Mobile SIM membutuhkan sejumlah syarat. Yakni fotokopi KTP yang masih berlaku, fotokopi SIM lama dan SIM asli, serta bukti cek kesehatan.

Layanan SIM Seluler Polda Metro Jaya hanya melayani aplikasi perpanjangan SIM A dan C yang dapat dilakukan sebelum masa berlaku habis. Jika masa berlaku SIM berakhir, penerbitan seperti SIM Baru akan berlaku.

Biaya perpanjangan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak adalah Rp80.000 untuk perpanjangan SIM A dan Rp. 75.000, – untuk ekstensi SIM C.

Persyaratan perpanjangan SIM A atau C adalah sebagai berikut:
1. Fotokopi KTP yang masih berlaku,
2. Fotokopi SIM lama dan SIM asli,
3. Bukti Pemeriksaan Kesehatan.

Setiap orang yang mengemudikan kendaraan di jalan raya wajib mengantongi Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis kendaraan yang dikendarai. Ketentuan yang berlaku bagi pengendara yang tidak memiliki SIM diatur dalam Pasal 281.

Tonton video "Jangan panik, dispensasi ekstensi SIM mati hingga 29 Juni"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / riar)