Jakarta –

Legenda NBA Michael Jordan dan juara tiga kali Daytona 500 Denny Hamlin melakukan langkah nyata untuk mengkampanyekan kesetaraan ras melalui balap NASCAR. Jordan kini menjadi pemilik tim balap NASCAR, sekaligus merekrut pebalap yang vokal membela hak-hak orang kulit hitam di arena balap NASCAR, Bubba Wallace.

Legenda basket ini membeli tim NASCAR dari Jerman bersama rekannya yang juga merupakan pembalap Denny Hamlin. Namun belum diketahui berapa biaya Jordan untuk memboyong tim NASCAR.

Mengutip Forbes, Jordan memiliki saham mayoritas, sedangkan Denny Hamlin adalah pemegang saham minoritas. Pengumuman tim NASCAR tersebut dikonfirmasi melalui postingan akun twitter Denny Hamlin pada Senin (21/9).

“Malam ini saya dengan senang hati mengumumkan bahwa MJ (Michael Jordan) dan saya menciptakan sesuatu yang baru, menciptakan tim @NASCAR Cup Series pada tahun 2021. Memilih pembalap tentu sangat mudah, harus @BubbaWallace,” tweet Denny Hamlin.

[Gambas:Twitter]

Sementara itu, Michael Jordan menyampaikan bahwa menjadikan tim NASCAR tidak terlepas dari masa kecilnya dan menjadi wadah untuk memperjuangkan kesetaraan ras.

"Tumbuh di Carolina Utara, orang tua saya selalu membawa anak-anak untuk menonton balapan, dan saya telah menjadi penggemar NASCAR sepanjang hidup saya."

"Jadi, bisa memiliki tim dengan bantuan Denny Hamlin, dan memiliki Bubba Wallace sebagai pembalap, itu bagus."

"NASCAR telah berjuang dengan keragaman dan hanya ada beberapa orang kulit hitam. Ini adalah waktu yang tepat karena NASCAR tumbuh dan semakin merangkul perubahan sosial. Selain komitmen dan donasi yang saya berikan untuk memerangi rasisme , Saya melihat ini sebagai kesempatan untuk mendidik penonton baru dan membuka lebih banyak. Banyak peluang bagi orang kulit hitam dalam balapan, "jelas Michael Jordan dalam pernyataannya.

Di sisi lain, Michael Jordan membuat sejarah di dunia NASCAR. Dia mengikuti jejak Wendall Scott sebagai orang kulit hitam yang memiliki tim dan membalap untuk NASCAR pada 1970-an.

Tonton video "Review Yaris 2020, Senjata Toyota Melawan Honda Jazz"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)