Jakarta –

Lexus meluncurkan model Lexus IS 2021 baru pada Selasa (16/6). Meski masih menggunakan basis yang sama dengan generasi sebelumnya, Lexus IS 2021 diklaim menawarkan wajah baru, teknologi yang ditingkatkan, dan pengalaman berkendara yang lebih baik.

Lexus IS 2021 sekarang menggunakan lampu gaya-L yang merupakan perubahan paling mencolok dari wajahnya. Selebihnya tidak berarti banyak perubahan selain sedikit perubahan sudut kurva pada grille merek dagang.

Lexus IS 2021 Foto: carbuzz

Lexus menekankan pembaruan ini pada kesan pengemudi ketika mengendalikan mobil ini di berbagai medan. Chief Engineer Lexus, Naoki Kobayashi mengatakan pengemudi tampak berkomunikasi satu sama lain saat berkendara bersama.

"Apa yang kami pikirkan dalam mengembangkan IS adalah membuat mobil yang dapat diandalkan dalam berkomunikasi dengan pengemudi dalam berbagai kondisi pengemudi dan jalan," kata Kobayashi.

Untuk mencapai hal ini, mobil melewati pengujian selama berjam-jam di fasilitas Shimoyama Toyota Techincal Center. Tentu saja, setelah ban 19 inci disematkan bersama dengan pengurangan bobot untuk meningkatkan kekuatan saat menaklukkan tikungan telah diterapkan.

Lexus IS 2021 Foto: carbuzz

Lexus IS 2021 menyambut mesin turbo 2.0 liter dalam tipe IS 300. Konfigurasi pacu mesin menghasilkan 241 hp dan 258 lb-ft yang dipasok ke penggerak roda belakang. Lexus IS 300 juga tersedia untuk menggerakkan semua roda, tetapi dengan meisn V6 3,5 liter yang mengucurkan tenaga 260 hp dan torsi 236 lb-ft.

Varian lainnya adalah Lexus IS 350 dan IS 350 F yang mengusung mesin 3.5 liter V6 dengan tenaga 311 hp dan torsi 280 lb-ft. Versi drive belakang dapat mencapai 0-100 kpj dalam 5,6 detik. Untuk transmisi, penggerak roda belakang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan sedangkan all-wheel drive dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Lexus IS 2021 Foto: carbuzz

Tidak lengkap tentunya membahas mobil mewah tanpa kenyamanan kabin. Di dalam, penumpang akan disuguhkan layar sentuh 8 inci yang lebih mudah dijangkau oleh pengemudi. Perangkat layar sentuh ini juga telah terhubung dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Interior Lexus IS masih tidak jauh berbeda dari versi sebelumnya kecuali dalam varian F Sport. Dalam varian itu ada trim baru dengan pola grafis menghiasi panel pintu.

Lexus Safety System + 2.5 juga telah ditingkatkan karena sistem pra-tabrakan sekarang dapat mendeteksi tidak hanya kendaraan di depan, tetapi juga pengendara sepeda atau pejalan kaki.

Pengenalan produk ini belum disertai dengan deskripsi tag resmi yang akan memberi label mobil ini. Rencananya adalah harga mobil baru akan terungkap setelah berada di dealer.

Lihat videonya "Mobil Listrik Lexus Prime Like a Seagull"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)