Jakarta – Memproduksi mobil sedan dan crossover mungkin menjadi hal biasa bagi produsen mobil mewah Lexus. Namun siapa sangka, ternyata pabrikan Jepang tersebut berencana memproduksi minivan kembar Toyota Alphard dalam waktu dekat.

Meluncurkan carscoops, mobil bermesin lebar ini rencananya akan diproduksi oleh Toyota Auto Body di Inabe City, Jepang. Fasilitas ini saat ini digunakan sebagai produksi van Toyota, yang dipasarkan di luar Jepang. Minivan Lexus, sekarang disebut LM, akan tersedia pada tahun 2020.

Keputusan Lexus untuk membuat minivan adalah hasil survei internal di mana ada banyak permintaan terutama di Cina dan kawasan Asia lainnya. Lexus Minivan dikatakan sebagai kembar Alphard, yang dikenal sebagai mobil keluarga mewah dari merek Toyota.

Dari penampilan teaser yang telah beredar, wajah mobil Lexus baru masih memiliki lampu khas dan desain grille. Menyiratkan kemewahan dan dinamika kendaraan.

Opsi mesin itu sendiri diperkirakan sama dengan Alphard, yang terdiri dari 3,5 liter V6 2GR-FKE yang disuntikkan dengan teknologi hybrid. Mesin dapat menghasilkan 150 hp, ditambah motor listrik 141 hp dan daya dari motor belakang 67 hp. Kedua powertrain ini telah digunakan pada model Lexus saat ini.

Jika Lexus MPV ini benar-benar dibuat, maka Lexus memperkirakan akan memilih beberapa pasar, terutama di Asia, di mana permintaan model MPV kelas atas seperti Alphard cukup tinggi.

Untuk pertama kalinya, mobil akan menunjukkan sampulnya di pameran mobil Shanghai Motor Show 2019 di Cina. Hmm, seperti apa formasinya? (ruk / lth)