Jakarta – Debat pemilihan presiden ketiga malam ini akan diisi oleh calon wakil presiden (capres) tanpa calon presiden (capres). Ini berarti Ma ruf Amin sebagai Wakil Presiden Jokowi dan Sandiaga Uno sebagai wakil presiden Prabowo akan memiliki gagasan malam ini.

Sebelum menyaksikan debat wakil presiden, tidak ada salahnya untuk kembali melihat sekilas koleksi mobil wakil presiden. Baik Ma Amin dan Sandiaga Uno melaporkan kekayaan saat mendaftar sebagai wakil presiden beberapa waktu lalu.

Tercatat dalam Laporan Aset Operator Negara (LHKPN) yang dilaporkan oleh Ma pada tanggal 10 Agustus 2018, daftar mobilnya sendiri telah berubah. Sebelumnya, Ma ruf melaporkan bahwa asetnya pada tahun 2001 tercatat memiliki dua mobil, Toyota Corolla dan Isuzu Panther.

Namun, 17 tahun berlalu, mobil Ma telah berubah. Meskipun jumlahnya sama-sama dua, dua mobil Ma ruf baru secara total, mencapai Rp 1,6 miliar. Apa itu mobil Ma ruf Amin?

Foto: Faiq Hidayat / AFP

Masih berdasarkan laporan LHKPN, ruf memiliki keluaran Toyota Alphard 2.5 G AT pada 2018 senilai Rp 1,1 miliar dan mobil Fortuner 2.4 VRZ AT 4×4 AT 4×2 senilai Rp 527,9 juta. Mungkin salah satu mobil Ma bisa terlihat berkeliaran dengannya dengan plat B 5 MRF.

Bagaimana dengan Sandiaga Uno? Sandiaga tampaknya sangat loyal terhadap merek Nissan. Dalam Laporan Aset Operator Negara (LHKPN), mobil yang dimiliki Sandi adalah Nissan.

Foto: Muhajir Arifin

Hanya ada dua kendaraan yang dimiliki oleh Sandi sebagaimana dicatat dalam laporan. Kata sandi memiliki peringatan 2013 Grand Livina Nissan dan Nissan X-Trail dibuat pada tahun 2015. Dua mobil juga direkam, diperoleh dari hasil kata sandi itu sendiri bukan hadiah. (rgr / ddn)