Jakarta – Ketika mengunjungi pameran motor Indonesia (IMOS) 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluangkan waktu untuk mengunjungi sepeda motor yang dimodifikasi. Pria kelahiran Surakarta yang juga suka sepeda motor juga sempat bertukar informasi di kesempatan itu.

Hal ini diakui oleh Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Johannes Loman, yang menemani Jokowi saat berkeliling pameran. Selain membahas ekspor dan konten lokal pada kendaraan bermotor roda dua, Jokowi meminta sepeda motor modifikasi.

"Kami melihat bahwa Presiden senang, karena dia juga suka sepeda motor dan ada cukup banyak pertanyaan yang mengarah pada modifikasi selain konten dan ekspor lokal," jelasnya di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Sabtu (11 / 11/2018)

Loman juga menjelaskan bahwa Jokowi bangga dengan para modifikator yang berkembang dari Indonesia.

"Untuk sepeda motor yang sudah dimodifikasi, Anda juga menghargai bahwa semuanya dibuat di Indonesia. Pak Jokowi juga baru-baru ini mendorong industri sepeda motor ke belakang, yaitu industri kreatif. Termasuk ranah modifikasi," lanjutnya.

Namun, Jokowi tidak berencana menambah koleksi tunggangan besi di rumahnya. Karena, beberapa waktu lalu dia sudah membeli sepeda motor dan sedang memasuki dapur yang dimodifikasi.

"Tahan saja, bisakah kamu? Saya baru saja membeli sepeda motor 3 minggu yang lalu. Itu akan dirilis nanti," katanya.

"Ya, saya ingin melihat kemajuan kemajuan bidan produksi sepeda motor," kata Jokowi karena alasan mengunjungi IMOS 2018. (Ruk / lth)