Jakarta – Hobi motoran Presiden Joko Widodo tidak asing. Tidak hanya hobi mengendarai motor, Jokowi juga terlihat bergaya beberapa kali seperti anak motor.

Misalnya, ketika mengunjungi pabrik sepeda motor Yamaha di daerah Pulogadung untuk menghadiri perayaan ekspor sepeda motor Yamaha yang telah mencapai 1,5 juta unit. Orang nomor satu di Indonesia nampak mengenakan jaket motor khas yang diproduksi oleh Black Bulls Syndicate bersama dengan sepatu kasual.

Ini bukan pertama kalinya Jokowi memakai atribut sepeda motor yang dibuat oleh Bulls Syndicate. The Bulls Syndicate dikenal menjual pakaian untuk anak-anak sepeda motor mulai dari pakaian, jaket hingga topi. Harga ramah di tas terutama untuk seorang presiden. Sebelumnya Jokowi juga sempat memakai jaket merek yang sama tetapi memiliki warna yang lebih cerah, yaitu merah. Jaket itu dipakai beberapa kali, terakhir ketika Sunmori pergi ke Pasar Anyar.

Di pabrik Yamaha, Jokowi juga terlihat duduk di skuter besar Yamaha Xmax. Dia juga sempat mengingat ketika dia mengendarai Yamaha FZ1 pada upacara pembukaan Asian Games 2018.

"Selama Asian Games saya mengendarai Yamaha. Merek itu tidak menghafal tetapi saya tahu saya mengendarai Yamaha," kata Jokowi di pabrik Yamaha Pulogadung.

Yamaha Xmax sendiri adalah skuter matik dengan bodi yang besar. Skuter ini mengusung mesin Blue Core 250 cc dengan kinerja terbesar di kelasnya. Mesin berpendingin cairan empat katup telah dikembangkan untuk akselerasi tinggi. Mesin juga lebih tahan lama dan memiliki daya tahan yang kuat dengan Piston Forged & Silinder Diasil.

Tetapi untuk pasar global Eropa, terutama Xmax, itu dijual dengan mesin yang lebih tinggi, 300 cc.

(kering / ddn)