Jakarta – Politisi Partai Demokrat Roy Suryo menderita kerugian ketika SUV berlogo Lexus menjadi incaran kerusuhan Prabowo Subianto di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Rabu (27/2/2019). Uniknya mobil Lexus Roy Suryo ini awalnya adalah Toyota Harrier Japan Domestic Market (JDM) yang hanya dijual di Jepang.

Ini dikonfirmasi langsung oleh detikOto kepada General Manager Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja ketika dihubungi pada Jumat (1/3/2019). Adrian mengatakan nomor pesanan mobil Roy Suryo tidak tercantum dalam database produk yang mereka pasarkan di Indonesia sebagai Lexus Branding Agent (APM). Mungkin Roy Suryo membeli mobil ini di importir umum (IU).

"Kami perlu klarifikasi bahwa mobil Mr. Roy sebenarnya adalah Toyota Harrier JDM yang diimpor ke Indonesia. Memang, Toyota Harrier dan Lexus memiliki spesifikasi serupa tetapi di Indonesia dipasarkan dengan merek Lexus. Logo tersebut mungkin memang sengaja diganti dengan alasan kami tidak tahu, "jelas Adrian.

Meskipun logo Lexus dipasang di mobil, Adrian menekankan bahwa Lexus Indonesia tidak melayani layanan purna jualnya jika tidak dibeli melalui dealer resmi. Dengan kebijakan ini, tentu saja, Harrier Roy Suryo tidak mungkin mendapatkan suku cadang pengganti atau suku cadang resmi dari Lexus.

"Meskipun Lexus kami masih tidak akan dilayani karena kami tidak tercatat dalam bingkai jumlah produk yang dijual. Kami tidak dapat melayani pemeliharaan atau perbaikan yang diajukan karena mobil tidak dibeli melalui dealer resmi kami," kata Adrian.

Terlepas dari cara perawatannya, mobil tidak akan mendapatkan perlindungan asuransi biasa seperti Total Loss Only (TLO) dan komprehensif. Dalam hal ini ada opsi lain yang disebut Strike Riot and Civil Commotion (SRCC).

"Itu akan ditanggung oleh asuransi tambahan, ada SRCC. Saat ini ada kebutuhan untuk mendidik pengguna kendaraan untuk menyadari bahwa kerusakan atau kehilangan kendaraan tidak hanya terjadi dalam lalu lintas. Asuransi tambahan dapat mencakup peristiwa yang dialami seperti Bpk. Roy, "tutup Adrian. (rip / rgr)