Jakarta –

Pengemudi wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih aktif selama masa berlaku. Jika masa berlaku SIM sudah habis, maka detikers tidak diperkenankan berkendara di jalan raya. Untuk itu selalu cek masa berlaku SIM nya agar tidak ketinggalan.

Nah, sebelum habis masa berlakunya dalam waktu dekat, detikers bisa langsung memperpanjang masa berlaku SIM tersebut. Perpanjangan SIM dapat dilakukan di layanan mobile SIM yang diselenggarakan oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya.

Hari ini, Kamis (24/9/2020), ada empat lokasi layanan SIM seluler. Berikut adalah lokasi untuk SIM seluler hari ini:

– Jakarta Utara: Grand Cakung Mall.
– Jakarta Selatan: Kampus Trilogi Kalibata.
– Jakarta Barat: Satpas SIM Daan Mogot.
– Jakarta Pusat: ITC Cempaka Mas.

Anda dapat memperbarui SIM di layanan SIM seluler hari ini, Kamis, 24 September 2020, dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB. Mengingat mereka masih dalam pandemi COVID-19, SIM seluler mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Pelamar SIM harus memakai masker dan menerapkan jarak fisik.

Perpanjangan SIM pada SIM seluler hanya melayani SIM A dan SIM C sebelum masa berlakunya habis. Jika SIM A dan SIM C sudah habis masa berlakunya, maka pemohon SIM tidak dapat memperbaruinya, namun harus mengikuti tata cara penerbitan SIM baru. Caranya, ikuti ujian tertulis dan praktikkan kembali.

Sedangkan untuk biaya perpanjangan SIM A di SIM seluler Rp80.000 dan SIM C Rp75.000. Berikut syarat perpanjangan SIM A atau SIM C:

1. Fotokopi KTP yang masih berlaku,
2. Fotokopi SIM lama dan SIM asli,
3. Bukti Pemeriksaan Kesehatan.

Tonton video "Dirlantas Polda Metro: Jangan Paksa Perpanjang SIM Hari Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)