Lucid mengklaim memiliki keunggulan dalam mengisi ulang baterai.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA – Kesuksesan pasar mobil listrik tak hanya membuat sejumlah produsen mobil konvensional mulai melakukan transisi. Padahal, potensi pasar kendaraan listrik (EV) juga melahirkan sejumlah pemain baru di industri otomotif.

Salah satu start-up yang terlibat dalam industri kendaraan listrik adalah Lucid Motors. Dilansir dari The Verge, Sabtu (12/9), kini pabrikan asal Amerika Serikat tersebut telah resmi memperkenalkan produk bernama Lucid Air.

Produk berupa sedan elektrik mewah juga dihadirkan sebagai saingan Tesla. Oleh karena itu, Lucid Air dilengkapi dengan kemampuan baterai, motor listrik, dan harga yang cukup bersaing.

Dari segi daya jelajah, Lucid Air diklaim mampu menempuh jarak sekitar 820 kilometer. Tenaga total sebesar 1.000 tenaga kuda juga membuat produk ini mampu mencatatkan akselerasi 0 hingga 100 kilometer / jam hanya dalam waktu 2,5 detik.

Soal desain, mobil yang ditawarkan dengan harga mulai 80 ribu dolar AS ini tidak kalah menarik. Sebagai sebuah sedan, Lucid Air hadir dengan desain yang ramping dan dilengkapi dengan lampu dan desain gril yang unik.

Balutan desain uniknya sendiri dilengkapi dengan baterai 113 kWh yang bisa diisi ulang dengan cepat. Untuk menunjang keselamatan, produk yang juga ditawarkan dengan opsi terlengkap seharga $ 169 ribu ini juga dilengkapi dengan sistem bantuan mengemudi canggih 32 sensor, yang meliputi kamera, radar, ultrasonik, dan LIDAR.

Di sisi interior, pengemudi juga dimanjakan dengan sejumlah layar informatif baik yang menempel di panel instrumen maupun di tengah dashboard. Agar sesuai dengan kebutuhan Anda, Lucid Air juga dihadirkan dalam sejumlah varian seperti Touring, Grand Touring, dan Dream Edition.

Lewat semua balutan tersebut, tak heran Lucid cukup percaya diri untuk memposisikan dirinya sebagai rival Tesla. Apalagi, Lucid mengklaim memiliki keunggulan dalam mengisi ulang baterainya.

Lucid Air dapat mengisi ulang baterai untuk jarak sekitar 32 kilometer hanya dalam satu menit. Sebagai perbandingan, saat ini pengisian tercepat dari Tesla hanya mampu mengisi ulang untuk jarak jelajah 24 kilometer dalam satu menit. Artinya jika baterai yang dibenamkan memiliki daya jelajah sekitar 480 kilometer, pengemudi Lucid Air bisa mengisi ulang hingga penuh hanya dalam 20 menit.

Untuk menunjang hal tersebut, Lucid menggunakan charger 900 volt dengan tingkat pengisian hingga 300 kW. Perangkat pengisi daya ini dikembangkan bekerja sama dengan Electrify America.