Jakarta – Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh pengemudi. Selain melengkapi diri dengan huruf dan perangkat keamanan, untuk mematuhi aturan tentang menyalakan lampu.

Aturan tentang menyalakan lampu di kendaraan bermotor dinyatakan dalam UU no.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Jalan dan Transportasi pasal 107.

"Pengemudi kendaraan bermotor harus menyalakan lampu utama kendaraan bermotor yang digunakan di jalan pada malam hari dan dalam kondisi tertentu, pengendara sepeda motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus menyalakan lampu utama pada siang hari. , "tulis artikel," tulis Dalam artikel ini, hanya pengendara yang diharuskan menyalakan lampu setiap saat, sementara di kendaraan lain, lampu dinyalakan dalam kondisi tertentu seperti cuaca gelap, hujan lebat, atau jarak pandang yang cukup jauh .
Dengan menyalakan lampu, diharapkan dapat membantu visi pengemudi. Untuk pengendara, jangan menyalakan lampu siang hari bersiap-siap untuk dikenakan denda yang tertulis di Pasal 293 ayat 2 undang-undang yang sama.

"Setiap orang yang mengendarai sepeda motor di jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) akan dijatuhi hukuman maksimal 15 hari penjara atau denda maksimal Rp100 ribu (kering / ddn )