Jakarta – Untuk berkendara di jalan raya, seseorang diharuskan memiliki izin yang berlaku sesuai dengan ketentuan wilayah tempat dia berada. Tetapi seorang pria di China telah menggambar SIM yang ia buat sendiri menggunakan tulisan tangan.

Insiden ini terjadi akhir bulan lalu ketika seorang pria bernama Tang diberhentikan saat mengemudi oleh polisi setempat. Ketika diminta menunjukkan SIM, polisi menerima SIM yang dibuat sendiri dalam bentuk yang tidak bisa menipu siapa pun.

Insiden itu ramai di media sosial dan menjadi viral karena humor dan hasil menjadi SIM yang dibuat sendiri. Hebatnya, Tang berani menunjukkan kepada polisi hasil pekerjaannya yang jelas-jelas salah.

Seperti dilansir Autoevolution, Tang mengaku malas untuk mendapatkan lisensi yang valid. Tang juga mengungkapkan bahwa dia tidak ingin mengikuti proses belajar mengemudi dan melakukan tes untuk mendapatkan SIM. Menurutnya prosedur itu terlalu merepotkan sampai ide konyol membuat SIM sendiri terlintas di benaknya.

"Saya tidak berharap polisi lalu lintas menjadi sangat serius," kata Tang kepada petugas.

Di selembar kertas putih, Tang menulis semua informasi pribadinya dan memposting foto dirinya. Dalam benaknya, ini seharusnya cukup untuk membodohi petugas polisi sehingga mengizinkannya mengendarai sepeda motor di jalan umum.

"Tang sangat tenang ketika ia mengeluarkan SIM. Dompet atau sampul yang dimilikinya asli tetapi saya terkejut ketika saya memeriksa lebih lanjut dan menemukan SIM palsu. Saya telah menjadi petugas polisi selama bertahun-tahun, tetapi saya belum pernah melihat SIM. seperti ini. Sangat lucu, "kata polisi yang bertanggung jawab.

Pada akhirnya, sesuai aturan mengemudi di sana, sepeda motor Tang disita oleh polisi. Tang diharuskan melapor ke departemen lalu lintas hari berikutnya dan membayar denda atas pelanggarannya. (rip / rgr)